Mengungkapkan Pendapat Demi Pernikahan Yang Bahagia

Andai saja Anda dan pasangan bisa saling membaca pikiran, maka proses komunikasi pasti akan berjalan dengan lebih mudah. Namun, sayangnya telepati tidak bisa benar-benar dilakukan dan Anda serta pasangan harus pandai mengungkapkan perasaan demi pernikahan yang bahagia dengan hati-hati dalam mengungkapkannya untuk bisa menyelesaikan suatu masalah.

Banyak orang yang sulit mengungkapkan perasaan dan pendapat kepada pasangan mereka demi menjaga ilusi bahwa tidak ada masalah yang terjadi dalam hubungan mereka. Selain itu, mereka juga takut bahwa mengungkapkan perasaan dan pendapat kepada pasangan akan memicu pertengkaran. Padahal sebenarnya menyembunyikan suatu masalah hanya akan memupuk amarah dan kekesalan Anda.

nikah

Bila Anda menyembunyikan perasaan Anda ketika tidak setuju dengan suatu hal, pasangan Anda mungkin masih bisa mengetahui perasaan Anda melalui perilaku dan ekspresi wajah Anda (komunikasi nonverbal). Hal ini justru akan membuat bingung pasangan Anda. Dan ketika Anda mengatakan perasaan Anda yang sebenarnya, bisa jadi dia justru menjadi tersinggung karena Anda tidak langsung mengutarakan perasaan Anda tersebut. Hubungan pernikahan yang bahagia dan sehat berarti percaya bahwa Anda bisa bersikap jujur pada pasangan Anda dan dia akan menghargai pendapat Anda.

Ketika Anda akan mengutarakan pendapat Anda, rencanakan dulu hal apa saja yang ingin Anda katakan. Pilihlah waktu yang tepat bagi Anda dan pasangan Anda untuk mendiskusikan masalah Anda. Rasa saling percaya dan menghargai antara Anda dan pasangan Anda akan tercipta secara timbal balik dengan cara belajar mengekspresikan perasaan dan pendapat Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.