Perkembangan Anak Balita

Kesehatan Anak

Kesehatan Anak

Salah satu faktor yang terpenting dalam perkembangan anak adalah kesehatan anak tersebut. Biasanya anak yang sehat akan mengalami perkembangan yang sesuai dengan tahapan usianya juga. Kebetulan karena saya sendiri juga mempunyai anak balita sehingga ada beberapa tahapan perkembangan anak yang saya ketahui. Dan menurut bidan yang sering memeriksa anak saya setiap bulan anak saya termasuk anak yang sehat. Hal itu dapat dilihat dari berat badannya yang naik setiap bulannya meskipun tidak terlalu tinggi.

Dari awal lahir anak saya terlahir dengan keadaan yang sehat dia menangis dengan kencang saat muncul ke dunia. Itu merupakan salah satu tanda awal jika anak terlahir dengan sehat dan diikuti dengan gerakannya yang aktif. Setelah dilahirkan anak dapat menyedot ASI dengan keras tanpa harus diajarkan terlebih dahulu. Semakin hari bentuk badannya juga akan semakin bertambah besar dan banyak gerakan-gerakan yang mulai terlihat.

Sedikit demi sedikit anak mulai bisa tengkurap, tersenyum saat diajak bermain dan menggerakkan kaki dan tangannya dengan lincah. Biasanya perkembangan ini terjadi pada saat anak usia di bawah satu tahun. Dan yang paling utama adalah anak tersebut akan jarang sakit dan tidak rewel. Untuk menjaga kesehatannya ibu harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsinya karena akan berpengaruh pada bayinya. Makanan yang ibunya makan tentu saja akan menjadi makanan juga bagi buah hatinya melalui ASI.

Setelah memasuki usia satu tahun anak mulai bisa berjalan, berbicara dan tumbuh gigi satu persatu. Semakin bertambah usianya anak akan semakin bertambah kemampuannya dalam segala hal jika kesehatan anak tersebut selalu dijaga orang tuanya. Selain menjaga kesehatannya anda juga harus selalu memberikan pengawasan terhadap anak. Jangan sampai anak meniru hal-hal yang tidak baik yang mungkin saya dia tiru dari lingkungannya diluar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.