Peraturan Untuk Bertengkar Dengan Baik

Tidak ada pasangan yang akan selalu saling setuju satu sama lain dalam memandang suatu hal, karena itu setiap hubungan pernikahan pasti akan menemui konflik atau pertengkaran. Untungnya bila dihadapi dengan tepat, konflik tersebut justru akan memperkuat hubungan Anda dengan pasangan Anda.

bertengkar

Berikut ini adalah beberapa peraturan untuk bertengkar dengan baik sehingga membuat konflik antara Anda dan pasangan berjalan ‘aman’ dan memberikan lebih banyak manfaat positif daripada negatif.

  1. Tidak perlu menghindari konflik. Perbedaan antara Anda dan pasangan adalah kesempatan bagi Anda untuk saling belajar satu sama lain.
  2. Fokuskan pertengkaran pada masalah yang jadi penyebab konflik, dan bukan pada pribadi Anda dan pasangan Anda. Melukai perasaan pasangan Anda tidak akan membuat konflik lebih mudah selesai.
  3. Dengarkan pasangan Anda dengan baik dengan cara menghargai dan menghormati pendapat yang dia utarakan.
  4. Hindari berdiskusi dengan teriakan. Semakin tinggi volume suara Anda, semakin sedikit pesan yang akan diterima pasangan Anda.
  5. Hindari sikap defensif. Bersikeras membela diri sendiri hanya akan membuat Anda lebih sulit mencari penyebab konflik dan mencari solusi yang tepat.
  6. Bersikap kooperatif. Diskusikan dengan pasangan Anda untuk mencari solusi yang bisa dikerjakan bersama demi menyelesaikan masalah, serta alternatif solusi lainnya bila solusi utama yang dipilih tidak berhasil menyelesaikan masalah.
  7. Siap berkorban. Solusi masalah yang tepat biasanya membutuhkan kompromi dari diri Anda dan pasangan Anda.
  8. Cari solusi untuk segera menyelesaikan masalah.

Bertengkar dengan baik bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Konflik yang dihadapi dengan tepat tidak hanya akan membuat hubungan keluarga Anda dan pasangan Anda menjadi lebih kuat, tapi juga membantu mencegah konflik lebih lanjut di masa depan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.