Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Selain masalah seks, pekerjaan, dan anak-anak, uang adalah salah satu masalah yang paling umum menyebabkan konflik dan ketegangan hubungan pernikahan. Masalahnya, uang adalah hal sensitif yang sulit dibicarakan secara terbuka, dan setiap orang biasanya memiliki cara sendiri dalam mengatur uang. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan keluarga untuk membantu Anda mengatasi masalah perbedaan dalam mengatur keuangan keluarga:

  1. Diskusikan secara terbuka dengan pasangan Anda mengenai cara keluarga Anda mengatur keuangan keluarga.
  2. Bicarakan tentang hal yang terjadi di masa lalu Anda yang mungkin mempengaruhi cara Anda memandang dan mengatur uang.
  3. Cari tahu dan mengerti target keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda dan pasangan Anda.
  4. Pahami bahwa Anda dan pasangan Anda memiliki cara masing-masing dalam memandang uang. Perbedaan ini harus dibicarakan agar tidak menimbulkan konflik.
  5. Hargai nilai dan cara pandang masing-masing mengenai uang serta cara menggunakan uang serta menabung.
  6. Cari solusi terbaik mengenai keuangan keluarga yang disetujui oleh Anda dan pasangan Anda.
  7. Walaupun Anda dan pasangan memiliki kontribusi yang berbeda terhadap keuangan keluarga dari pendapatan yang berbeda dari pekerjaan masing-masing, tapi perbedaan itu sebaiknya tidak diungkit terus menerus. Walaupun kontribusi masing-masing berbeda, tapi Anda dan pasangan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam menentukan arah keuangan keluarga.
  8. Anda dan pasangan sebaiknya memiliki akses yang sama terhadap keuangan keluarga.
  9. Tentukan sejumlah uang tertentu yang bisa digunakan Anda dan pasangan Anda tanpa harus berkonsultasi dulu terhadap satu sama lain.

mengatur keuangan

Bila Anda dan pasangan Anda sudah memiliki cara pandang yang sama dan menyetujui cara tertentu dalam mengatur keuangan keluarga, konflik karena masalah keuangan bisa lebih mudah dihindari.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.