Kesalahan Dalam Komunikasi

Cara Anda berkomunikasi berperan penting dalam kehidupan Anda, termasuk dalam hubungan Anda dengan pasangan Anda. Tapi hal yang harus Anda perhatikan saat berkomunikasi adalah melihat komunikasi secara utuh tidak hanya kata-kata yang Anda ucapkan, tapi juga nada bicara dan bahasa tubuh Anda. Bahkan pada kenyataannya, kata-kata justru memiliki porsi paling kecil dalam komunikasi, yaitu 7%. Sedangkan nada bicara berperan sebesar 38% dan bahasa tubuh berperan sebesar 55%. Komunikasi bisa memperkuat dan memperbaiki hubungan pernikahan Anda dengan pasangan Anda. Tapi ada beberapa kesalahan dalam komunikasi yang bisa merusak hubungan Anda, yaitu

  1. Berteriak pada pasangan Anda
    berteriakMenjaga emosi dan menahan agar nada bicara tidak berubah menjadi kasar saat sedang bertengkar memang bukan hal yang mudah. Padahal amarah justru akan membuat masalah semakin besar, terutama karena hal yang Anda katakan saat Anda sedang marah biasanya hanya akan memperparah masalah. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda menunggu beberapa saat sampai amarah Anda mereda sebelum melanjutkan konfrontasi Anda
  2. Sikap kompetitif
    Sedikit sikap kompetitif antara Anda dan pasangan adalah hal yang wajar. Tapi sikap kompetitif yang menjadi terlalu serius hanya akan membuat Anda terasing dari pasangan Anda. Hubungan pernikahan bukanlah kompetisi yang selalu harus Anda menangkan. Sikap tidak mau kalah justru akan membuat pasangan Anda putus asa.
  3. Terfokus pada diri sendiri
    Cobalah mengambil sudut pandang pasangan Anda dalam melihat suatu masalah untuk mengerti perasaan dan pendapat pasangan Anda. Bila Anda mampu memahami pasangan Anda, dia pun akan lebih berusaha untuk memahami Anda.

Mengubah kebiasaan yang telah lama dilakukan memang bukan hal yang mudah. Tapi agar komunikasi Anda dengan pasangan Anda terus berjalan dengan baik, kebiasaan komunikasi yang salah sebaiknya segera dihentikan. Komunikasi yang positif dengan pasangan Anda berperan penting pada hubungan Anda dengan pasangan Anda. Pesan seperti keluhan dan kritik pun bisa diterima dengan baik bila disampaikan dengan cara yang positif. Bila keluhan dan kritik bisa diberikan Anda dan pasangan Anda satu sama lain dengan baik, hubungan pun akan berjalan dengan lebih kuat. Dunia sudah penuh dengan kritik dan kata-kata negatif. Bila pasangan Anda mendapatkan hal yang sama dari Anda, jelas hubungan keluarga harmonis Anda tidak akan berjalan dengan baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.