3 Cara Penggunaan AC Tanpa Boros

AC Hemat Listrik

Selain menggunakan AC hemat listrik atau membeli baru AC yang digadangi memiliki kemampuan mendinginkan ruangan tanpa menggunakan konsumsi daya berlebih, ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghemat penggunaan listrik. Berikut adalah 3 cara yang bisa anda terapkan untuk memiliki ruangan yang tetap dingin tanpa penggunaan AC yang berlebih dan secara terus-menerus.

Yang pertama, aturlah jadwal atau durasi penyalaan AC setiap harinya. Paling baik jika AC dihidupkan maksimal 6 jam sehari sewaktu kita tidur atau dipartisi pada waktu siang dan malam. Mengatur jadwal penyalaan AC ini bisa anda lakukan dengan memanfaatkan fitur timer yang ada dan bisa anda atur lewat remote AC. Selain mengurangi biaya tagihan listrik, penggunaan AC secara terbatas seperti ini juga membantu menjaga lingkungan dengan tidak menggunakan freon berlebih.

Yang kedua, bersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur, misalnya tiap 3 bulan sekali. Perangkat AC yang bersih dan terawat mampu menghemat listrik hingga dengan 20% karena konsumsi listrik juga bisa meningkat jika perangkat AC kotor. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondensor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Yang terakhir, jika anda memiliki ruangan yang terkena langsung sinar matahari, gunakan penutup pada bagian ruangan tersebut. Saat anda menyalakan AC, usahakan juga tidak ada bagian terbuka yang langsung terhubung ke ruang bebas. Untuk memaksimalkan AC hemat listrik, gunakan lampu yang memiliki temperatur rendah.

You may also like...