Cara Untuk Menghindari Salah Paham Dalam Komunikasi

Komunikasi yang efektif memang bisa menyelesaikan bahkan mencegah masalah terjadi. Tapi miskomunikasi justru akan menyebabkan masalah baru. Untuk menyelesaikan terjadinya salah paham antara Anda dan pasangan Anda akibat komunikasi yang tidak efektif, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari salah paham dalam komunikasi :

konflik dalam komunikasi

Konflik Dalam Komunikasi

  1. Tentukan apa yang ingin Anda katakan sebelum berbicara langsung pada pasangan Anda untuk meminimalisir kemungkinan kesalahpahaman.
  2. Tentukan apa yang Anda butuhkan dari pasangan Anda.
  3. Tentukan waktu yang tepat untuk berkomunikasi. Jangan pilih waktu ketika pasangan Anda sedang sakit atau sedang mempersiapkan untuk presentasi besar di kantor.
  4. Buat kontak mata agar pasangan Anda benar-benar mendengarkan perkataan Anda.
  5. Pastikan pasangan Anda sudah fokus pada Anda dan tidak sedang melakukan atau memikirkan hal lain.
  6. Jadilah pendengar yang baik dan dengarkan pendapat pasangan Anda untuk memulai diskusi yang produktif dan mendapatkan solusi yang terbaik.
  7. Pastikan bahwa pasangan Anda telah mengerti maksud Anda dengan baik, agar dia bisa memberikan respon yang tepat sesuai dengan perasaannya.
  8. Setelah pasangan Anda mengutarakan pendapatnya, katakan lagi pendapatnya tersebut untuk memastikan bahwa pemahaman Anda sesuai dengan maksud pendapat pasangan Anda.
  9. Lakukan komunikasi secara langsung. Jangan pernah melakukan diskusi tentang hal penting melalui telepon atau komunikasi tak langsung lainnya, karena hal ini meningkatkan resiko salah paham.
  10. Perhatikan juga komunikasi nonverbal dari pasangan Anda untuk benar-benar menangkap perasaan pasangan Anda.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang berlangsung dua arah. Bila Anda mengikuti langkah-langkah di atas, resiko salah paham akan berkurang, sehingga komunikasi berjalan baik dan akan memperkuat hubungan Anda dan keluarga harmonis anda tetap terjaga.

You may also like...