Metode Pemulihan Gangguan Vestibular

Sistem vestibular merupakan sistem yang terdapat di bagian telinga dalam yang berfungsi mengatur keseimbangan tubuh dalam ruang. Jika dijelaskan secara detail memang cukup banyak organ tubuh lainnya yang tergabung dalam sistem ini. Secara umum cara kerja sistem ini berkaitan dengan organ tubuh berupa indera pendengaran dan indera penglihatan. Tidak heran jika terjadi gangguan pada sistem ini maka penderitanya juga akan mengalami gangguan pada kedua indera tersebut.

Gejala yang paling terkenal akibat gangguan dari sistem ini adalah gejala vertigo yang berupa rasa pusing yang datang secara tiba-tiba. Penglihatan juga akan serasa bergoyang sehingga terkadang membuat penderitanya merasa mual bahkan tidak sedikit yang sampai muntah. Namun saat ini ada banyak cara atau metode alami yang dapat anda lakukan sendiri di rumah untuk memperbaiki sistem tersebut dalam tubuh anda. Salah satunya adalah dengan pelatihan pandangan yang melibatkan indera penglihatan.

Cara melakukan pelatihan ini sangatlah mudah, anda bisa melakukannya sambil berbaring atau dengan posisi lainnya. Pertama gerakan mata anda ke kiri, ke kanan, ke atas, ke bawah secara berulang-ulang. Lakukan dalam tempo yang lebih cepat kemudian berhenti sejenak dan rasakan apa yang terjadi. Jika anda merasa pusing itu artinya sistemnya masih mengalami gangguan, sebaliknya jika anda tidak pusing tandanya sistemnya sudah mulai membaik.

Untuk memperbaiki  sistem vestibular ini tentu saja anda harus melakukan metode di atas sampai anda benar-benar merasa tidak pusing. Jika demikian tandanya hubungan antara indera penglihatan, indera pendengaran dan otak anda sudah normal kembali. Tentu saja cara yang mudah bukan? Untuk anda yang mengalami gangguan pada sistem ini ada baiknya anda untuk mencobanya. Dengan kondisi sistem yang normal aktivitas anda juga akan berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan lagi.

You may also like...