Cublek Suweng, Permainan Anak Perempuan Jaman Dulu

Bicara tentang permainan maka sangat banyak perbedaan antara permainan jaman dulu dan sekarang apalagi permainan anak perempuan. Kita yang lahir era 90 an pasti mengenal beberapa permainan seperti cublek suweng, bekel, lompat tali, masak-masakan, petak umpet role play atau bermain berpura-pura menjadi karakter tertentu, congklak dan dakon. Dahulu permainan-permainan itu sangat sering dimainkan oleh anak-anak perempuan jaman dulu.

Cublek suweng merupakan salah satu permainan tradisional anak perempuan. Cara mainnya pun cukup mudah. Cublek suweng dimainkan oleh beberapa anak yang duduk melingkar dengan satu anak yang meminjamkan punggungnya yang kemudian bertugas untuk mencari benda yang di sembunyikan di salah satu tangan anak-anak perempuan lain. Begitulah cublek suweng dimainkan. Permainan ini begitu santai sehingga dapat dimainkan kapan saja baik di sore hari, siang ataupun pagi. Selain itu permainan cublek suweng juga dapat menjadi alat penyatu yang efisien.

permainan anak perempuan

permainan anak perempuan

Cublek suweng hanyalah satu contoh dari beberapa permainan anak perempuan di Indonesia. Anak-anak perempuan jaman dulu biasanya berkumpul dari empat sampai beberapa orang. Kemudian mereka memilih siapa yang menjadi pak empu untuk menebak dimana sesuatu yang di sembunyikan. Biasanya anak jaman dulu menggunakan batu kerikil sebagai benda yang di sembunyikan. Ketika pak empu sudah meminjamkan punggungnya, anak-anak perempuan yang lainnya mulai menyanyikan lagu cublek suweng sambil menyentuhkan batu kerikil tersebut di setiap telapak tangan anak lainnya. Ketika lagu sudah selesai di nyanyikan maka batupun telah di sembunyikan dan pak empu harus menebak dimana keberadaan batu tersebut. Jika tidak berhasil menebak maka ia harus bersedia meminjamkan punggungnya lagi.

 

You may also like...