MENGENALKAN KEMBALI PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK

Mengenalkan kembali Permainan anak tradisional pada anak-anak kita tampaknya menjadi hal yang perlu kita lakukan di tengah krisis identitas bangsa seperti sekarang ini. Masuknya kebudayaan asing tentu hal yang positif asal diimbangi dengan akar budaya yang kuat pada generasi mendatang. Dan salah satunya melalui permainan tradisional yang banyak mengandung nilai budaya dan budi pekerti luhur bagi bangsa.

 

Dengan mengenal permainan tradisional ini maka secara tidak langsung generasi mendatang diajari mengenai warisan nenek moyang sejak dini. Ini akan menimbulkan kesadaran dan kebanggaan bahwa budaya dan karakter bangsanya tercermin dari permainan-permainan tersebut. Bukan hanya itu, orang tua bisa menjamin bahwa permainan tradisional masih akan sama menyenangkannya dengan permainan-permaiann terbaru. Dan juga menunjukkan bahwa permainan tradisional ini masih sangat relevan dengan perkembangan zaman.

 

Mengenalkan permainan tradisional bukan berarti melarang Permainan anak yang modern. Ini lebih mengesankan bahwa terjadinya keseimbangan antar permainan yang dilakukan anak. Dari permainan modern mereka belajar teknologi dan juga kebudayaan luar sedangkan dari permainan tradisional dia mengenal bangsanya dan budi pekerti yang baik. Karena beberapa permainan tradisional biasanya memiliki karakteristik gotong royong dan kejujuran dalam setiap permainannya. Menyelipkan permainan tradisional pada anak dapat diterapkan pada sela-sela kegiatan kekeluargaan sehingga kelak sang anak bisa menyampaikannya pada teman-temannya. Ini juga menjadi warisan nenek moyang yang sayang rasanya jika generasi mendatang tidak sempat mencicipi banyak permainan yang menyenangkan ini.

You may also like...