Memilih Permainan Untuk Anak

Bermain merupakan salah satu aktiftas penting dalam proses tumbuh kembang anak karena usia anak adalah usia bermain. Anak-anak belajar melalui aktifitas bermain. Jangan batasi anak Anda karena itu artinya Anda membatasi pertumbuhan kreatifitasnya.

Sayangnya banyak sekali permainan saat ini yang berbasiskan teknologi informasi. Anak hanya disuguhi sebuah permainan (game) dengan menggunakan sebuah laptop atau telepon cerdas. Dari sisi kecerdasan logika, anak Anda bisa mendapatkan melalui permainan tesebut. Namun anak Anda tidak mendapatkan keuntungan dari sisi motorik dan interaksi sosialnya. Anak Anda akan kehilangan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan anak lainnya dan akan kaku ketika berinteraksi dengan anak lainnya. Ketika bermain game, anak cenderung suka ngemil. Sering ngemil dan sedikit bergerak inilah yang dapat memicu obesitas pada anak.

Lalu permainan apa yang sebaiknya diberikan kepada anak Anda? permainan yang terbaik dalam tumbuh kembang anak adalah permainan-permainan yang dapat menstimulasi semua kemampuan anak, baik untuk berpikir maupun untuk bergerak. Salah satunya adalah pasir. Pasir bisa digunakan anak Anda untuk mewujudkan fantasinya. Pasir dapat digunakan untuk mewujudkan bentuk yang diinginkan Anak. Sebaiknya basahi pasir agar mudah digunakan untuk membetuk sesuatu. Anda bisa membuat rumah pasir bersama si kecil. Ini akan menambahkan kedekatan Anda dengan anak. Bermain dengan pasir dapat menjadi jalan baginya untuk menyukai dunia arsitektur atau desain.

 

You may also like...