Pentingnya Mengenali Dan Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak

Kecerdasan majemuk merupakan teori yang menjelaskan bahwa ada berbagai macam kecerdasan yang dimiliki setiap anak. Kecerdasan yang dimaksud meliputi kecerdasan verbal atau linguistic, musical, logica, visual, kinestetik, intrapersonal, interpersonal dan naturalis. Masing-masing anak mempunyai tingkatan kecerdasan yang berbeda satu sama lain dalam berbagai macam kecerdasan tersebut. Dengan kata lain, seorang anak pasti memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dalam bidang yang dikuasai dan harus dikembangkan secara tepat supaya menghasilkan potensi bakat dan minatnya di kemudian hari.

 

Pentingnya mengenali dan mengembangkan multiple intelligence anak harus disadari oleh semua orang tua karena hal ini berpengaruh besar terhadap masa depan anak. Berikut ini penjelasan yang lebih detail akan pentingnya hal tersebut bagi anak dan orang tua, yaitu:

 

  1. Melatih kecerdasan anak sejak dini sesuai dengan bakat membuat anak focus terhadap bidang yang digelutinya.
  2. Dukungan yang diberikan orang tua dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.
  3. Mengembangkan kecerdasan secara menyeluruh perlu dilakukan untuk melatih kekurangan anak secara perlahan.

 

Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, kini waktunya anda melakukan beberapa cara yang mampu membantu anak membangkan kecerdasan majemukdari dalam dirinya. Namun perlu diingat bahwa cara mengembangkan minat dan bakat masing-masing anak berbeda sehingga anda perlu melakukan pendekatan terlebih dahulu untuk mengetahui dan memastikan cara seperti apa yang paling tepat untuk anak tercinta.

You may also like...