Tumbuh Kembang Anak Balita, Pondasi Kesuksesannya Di Masa Yang Akan Datang

Pertumbuhan dan perkembangan pada dasarnya berarti perubahan. Begitu juga dengan tumbuh kembang anak balita. Setiap tahunnya atau bahkan setiap bulannya, pasti akan ada perubahan bagi si balita. Dimana pertumbuhan dan perkembangan ini selalu identic kemajuan atau progressif. Tumbuh identic perubahan fisik, adapun berkembang identic dengan kematangan dan kedewasaan. Dua hal ini merupakan modal dasar si anak untuk menghadapi kehidupan nantinya.

Sering kita melihat adanya fenomena: balita tumbuh menjadi anak yang cerdas namun kurang dapat bergaul, seseorang pandai namun tidak kreatif (text book), si anak lambat berbicara dan berjalan padahal termasuk anak yang cerdas, dan lainnya. Dimana kesalahannya? Banyak penelitian yang mengatakan kebiasaan dan kepribadian seseorang tergantung pada perkembangan balita dan pertumbuhannya di masa tersebut. Maka, tidak heran kita melihat fenomena biaya pendidikan usia dini dan TK lebih mahal daripada tingkatan diatasnya. Sering dikatakan sekolah menjadi sarana investasi kesuksesan anak nantinya.

Sering dilupakan oleh para orangtua, peran keluarga dan lingkungan dekatnya memiliki kontribusi yang lebih besar pada tumbuh kembang anak balita, yang membentukkepribadiannya kelak. Dalam hal ini, keluarga khususnya ibu/ pengasuh harus memiliki bekal pengetahuan apa yang berfungsi terhadap pertumbuhan dan perkembangan balita. Khususnya untuk merangsang otak sehingga potensi dan bakatnya dapat terlihat. Misalnya dalam hal memilih permainan. Penelitian mengatakan, anak yang tidak mendapatkan rangsangan otak yang tepat, berkembang lebih kecil 20 sampai dengan 30 persen dibandingkan dengan anak yang mendapatkan rangsangan otak yang tepat.

 

 

You may also like...