Batasi Anak Bermain Gadget

Bagi sebagian orang tua disarankan agar tidak mengganti interaksi sosial ketika anak bermain dengan menggunakan gadget. Meskipun bagi setiap orang tua gadget bisa membantu dan memudahkan bunda untuk berkomunikasi dengan keluarga. Namun hal ini tidak juga bisa diterapkan pada anak karena dapat mempengaruhi kemampuan kognitif dan sosial anak. Tetap saja gadget tidak bisa menggantikan krayon, buku, boneka, bahkan ketika dia senang berekspresi dengan lingkungan. Gandget juga belum tentnu menjadi sebuah sarana yang cocok bagi anak untuk bermain.

Ada beberapa efek negatif yang ditimbulkan ketika gadget digunakan sebagai permainan anak diantaranya:

  1. Obesitas, Hal ini disebabkan karena kurangnya aktifitas fisik yang anak kerjakan karena lebih sering diam didepan televisi dan bermain konsol game.
  2. Malas, keterbiasaan terhadap gadget yang mereka bisa dapatkan dalam sekali sentuhan melalui internet membuat anak tidak sabar dan membuatnya selalu ingin kemudahan seperti pada internet.
  3. Kekerasan, Game aksi yang ditawarkan pada permainan gadget bisa menimbulkan perilaku yang buruk terhadap anak.

Tidak ada salahnya memberikan si kecil sebagai sarana bermain masa kini. Bagi orang tua perhatikanlah penggunaanya dan perlu dibatasi penggunaanya. Jangan sampai kegiatan anak bermain dengan temannya berkurang karena lebih memilih gadget. Karena kehidupan sosialnya lebih penting dibandingkan hanya diam dirumah dengan bermain gadget.Semoga hal ini bisa jadi motivasi bagi para orang tua dalam mengawasi perkembangan anaknya.

 

You may also like...