Pengaruh Sanitasi Terhadap Kualitas Air Bersih

Sanitasi adalah bentuk kepedulian pemerintah dan warga masyarakat untuk menciptakan lingkungan dan pemeliharaan kesehatan untuk mencegah berbagai jenis penyakit dari lingkungan yang tidak sehat. Sanitasi yang buruk akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Sanitasi yang baik tentu akan menciptakan lingkungan dan kesehatan yang baik. Akibat yang ditimbulkan dari sanitasi yang buruk adalah tercemarnya air bersih sebagai sumber utama kehidupan. Telah diketahui bahwa hampir seluruh bagian dalam tubuh terdiri dari air. Pada orang dewasa, kandungan air dalam tubuh mencapai 60%, sedangkan pada bayi mencapai 80%.

Sumber air yang bersih memang berkurang pada saat ini akibat dari alih fungsi daerah resapan menjadi gedung-gedung perkantoran dan perumahan. Pengeboran sumur untuk mencukupi kebutuhan air bersih juga semakin banyak. Namun, tak banyak dari mereka yang gagal mendapatkan air bersih karena sanitasi di lingkungan mereka yang tidak sehat. Penyelenggaraan sanitasi yang tepat sesuai anjuran memang harus digalakkan. Berikut adalah pentingnya sanitasi:

  • Masyarakat hendaknya sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan selalu membudayakan bersih-bersih lingkungan sekitar.
  • Sanitasi dapat mencegah datangnya berbagai sumber penyakit yang diakibatkan oleh buruknya lingkungan rumah dan sekitarnya.
  • Sanitasi yang baik akan meningkatkan taraf hidup manusia, karena kesehatan yang baik dapat diselenggarakan tanpa ada hambatan.

Penyelenggaraan sanitasi yang tepat dan sesuai anjuran dapat membantu mempertahankan kualitas air bersih di Indonesia.

You may also like...