Pendidikan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pada dasarnya gaya didik atau pola asuh tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan anak usia dini. Pendidikan dalam arti yang luas dimulai sejak seorang anak lahir, yakni mulanya dijalankan oleh peran keluarga. Begitu selanjutnya ketika anak semakin tumbuh dan masuk pendidikan usia dini yang sifatnya lebih formal. Pada tahap inilah pola asuh sudah mulai melibatkan guru sekolah. Pendidikan anak usia dini atau PAUD merupakan tahap pendidikan sebelum anak memasuki jenjang sekolah dasar. Salah satu tujuan utama dari pendidikan usia dini adalah membantu tumbuh kembang anak baik dari aspek jasmani maupun rohani melalui pemberian stimulasi. Dengan demikian diharapkan perkembangan anak lebih optimal karena jenjang PAUD dapat dikatakan sebagai fasilitas aktivitas bagi mereka.
Penelitian terkait pentingnya pendidikan usia dini telah banyak dilakukan oleh para ahli dan ditarik kesimpulan bahwa periode emas memiliki peran yang sangat penting. Pada empat tahun usia pertama, seorang anak akan mengalami perkembangan yang setara terjadi pada waktu empat belas tahun berikutnya. Periode usia dini ini berpengaruh pada periode selanjutnya, sehingga para orang tua disarankan untuk tidak melewatkan masa tersebut. Hal yang tidak kalah penting adalah bahwa jangan sampai pendidikan usia dini yang dijalankan oleh anak justru merenggut masa bermainnya. Bagaimanapun, bermain tetap merupakan hal utama dalam dunia kanak-kanak. Menurut seorang ahli psikologi anak, normalnya anak bermain antara 4-5 jam setiap hari.
Melalui aktivitas bermain anak akan belajar mengeksplorasi dan mendapatkan hal baru serta pengalaman terbaik. Jika anak diberi kebebasan bermain di luar, tanpa mengabaikan unsur pengawasan, ia akan dapat memahami dirinya sendiri, mengerti sesama, lingkungan, dan tentang alam. Berbagai nilai positif pada setiap tahap perkembangan anak usia dini akan terbentuk dan didapatkan dari aktivitas bermain. Ada kalanya seorang anak harus dibebaskan pula untuk berkreativitas bahkan dengan hal-hal yang tampak kotor sekalipun. Perkembangan terbaik untuk anak adalah mutlak, dan serahkan masalah pakaian kotor karena jejak bermain pada produk dari Rinso.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.