Syarat Umum Pembuatan Sumur Resapan

Pembuatan sumur resapan efektif digunakan sebagai salah satu bentuk pengendalian banjir dan menambah debit air dalam cadangan air tanah. Akan tetapi, karena cadangan air tanah haruslah bersih agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari, maka air hujan yang di tamping dalam sumur resapan haruslah air bersih yang tidak tercemar. Selain itu air hujan yang ditampung dalam sumur resapan harus terus terjaga kualitasnya sampai ia diserap ke dalam tanah. Berikut beberapa syarat umum pembuatan sumur resapan air.
Membuat sumur resapan air hujan harus dilakukan pada permukaan tanah dengan kontur datar dan stabil serta tidak di lereng curam. Air hujan yang ditampung di dalam sumur harus merupakan air hujan yang bersih dan tidak tercemar. Penentuan lokasi pembuatan sumur resapan air hujan harus memperhatikan keamanan bangunan atau rumah-rumah di sekitarnya.
Jarak pembuatan sumur resapan air hujan dengan tangki septic tank minimal 5 meter. Hal ini untuk mengurangi tingkat resiko cemaran yang mungkin dapat ditimbulkan jika sumur resapan yang menampung air hujan sementara dan menyerapkan air ke dalam tanah terlalu dekat dengan septic tank. Jika hal ini terjadi maka dapat merusak kebersihan air tanah dan menyebabkan air menjadi berbau dan keruh sehingga tidak layak untuk digunakan.
Sumur penampung air harus memiliki penutup, dinding bagian atas dan bawah, pengisi sumur dan saluran air hujan. Sebaiknya bahan untuk membuat penutup dan dinding sumur menggunakan beton agar tidak ada cemaran yang dapat masuk dan merusak kualitas tampungan air hujan sekaligus menjaga higienitasnya. Selain itu pada dasar sumur dapat menggunakan pecahan batu atau pecahan bata merah sebagai sarana filtrasi air hujan dalam penampungan ke dalam tanah.
Air tanah pada musim hujan di daerah tersebut memilki kedalaman minimal 1,5 meter. Dalamnya sumur resapan air hujan harus tergali sampai tanah berpasir atau maksimal 2 meter di bawah permukaan air tanah dengan harapan air hujan yang tertampung tidak turut terbuang percuma ke saluran pembuangan air dan mengalir ke sungai.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.