Teknik Senam Wanita Hamil

Jika dilihat secara umum gerakan-gerakan senam hamil sangatlah mudah dilakukan. Meskipun demikian ternyata ada teknik khusus yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum mempraktekkannya. Teknik khusus tersebut tentu saja akan mempengaruhi hasil dari manfaat senam itu sendiri. Seperti yang kita ketahui jika banyak sekali manfaat dari gerakan senam wanita hamil yang tentunya baik untuk kesehatan ibu maupun janin yang ada dalam kandungannya.

Salah satu gerakan senam wanita hamil yang termudah menurut saya pribadi adalah gerakan jongkok. Tidak seperti gerakan jongkok pada umumnya, gerakan jongkok pada senam wanita hamil mempunyai teknik khusus yaitu jongkok namun posisi kaki terbuka. Hal tersebut tentu saja sangat penting mengingat posisi perut ibu yang sudah membesar sehingga jika kaki tidak terbuka dikhawatirkan akan memberikan tekanan ke bagian perut.

Teknik senam jongkok tersebut baik dilakukan setiap hari pada waktu menjelang proses persalinan. Manfaatnya adalah untuk memberikan kekuatan pada sang ibu sehingga pada proses persalinan nanti, ibu dapat mengeluarkan tenaganya hingga maksimal. Gerakan ini juga dapat mengurangi terjadinya proses persalinan sesar yang umumnya disebabkan karena posisi janin yang sungsang. Sungguh istimewa bukan manfaat dari senam yang satu ini meskipun gerakannya sangat sederhana sekali.

Bukan hanya gerakan senam hamil jongkok saja yang memiliki manfaat yang istimewa. Melainkan masih banyak lagi gerakan senam lainnya seperti gerakan menungging dengan menyelonjorkan kedua tangan ke depan, sehingga posisi kepala lekat pada lantai. Senam tersebut dikhususkan bagi para wanita hamil yang divonis sungsang oleh ahli kesehatan di waktu menjelang proses persalinan. Dengan melakukan gerakan senamnya secara rutin maka posisi janin akan kembali normal.

You may also like...