Ajarkan Menabung Sejak Kecil

Kenalkan aktivitas menabung mulai sejak anak berumur 2 th..
Jejeran angka di buku tabungan tidak menarik ketertarikan buah hati Anda. Namun apabila dengan menabung dapat memperoleh tas Tweety? Wah, balita pasti sukai! Saat ini tabungan anak semakin keren! Dari buku tabungan sampai kartu ATM tercetak ciri-ciri kartun yang jadi kesukaan anak. Anak juga memperoleh merchandise yang cuma dapat diperoleh apabila meraih saldo spesifik. Untuk beberapa orangtua, ini mungkin saja langkah menarik untuk mengajak anak rajin-rajin menabung di bank.
Saat sebelum ke bank. Anna Surti Ariani, Psikolog, merekomendasikan apabila Anda mau memperkenalkan anak pada bank, terangkan dahulu rencana menabung.
Langkahnya :
  • Ambillah celengan memiliki ukuran kecil supaya cepat penuh, paling lama sebulan, lantaran bila kian lebih sebulan balita bakal jemu kelamaan menanti akhirnya.
  • Berikanlah duit serta minta dia sendiri yang memasukkan ke celengan.
  • Beri anak duit logam lantaran ia perlu suatu hal yang kongkret. Bunyi duit logam waktu dimasukkan ke celengan dapat bikin balita ketagihan menabung.
  • Sesudah tabungan penuh biarlah anak rasakan jerih payahnya dengan mengajaknya beli barang impiannya menggunakan duit itu.
  • Memperkenalkan nilai duit. Duit logam terbuat dari logam berwarna putih dengan angka spesifik juga sebagai nilai nominalnya. Anak sukai dengan duit ini lantaran bisa ia rasakan, makin berat duit yang ia punyai makin banyak uangnya.
  • Duit kertas terbuat dari kertas dengan beragam nominal, dari mulai Rp 1. 000 sampai Rp 100. 000. Langkah termudah memperkenalkan anak dengan duit ini yaitu melalui warnanya. Tiap-tiap nominal duit kertas tidak sama warna serta ukurannya.
  • Duit kartu yakni alat bayar berupa kartu. Ada kartu credit, kartu debit atau ATM. Ringkas, dalam satu kartu Anda membawa duit sampai beberapa puluh juta bergantung saldo atau limit kartu credit Anda. Duit kartu ini bisa dipakai di beberapa tempat berbelanja yang mempunyai alat spesial.

You may also like...