Anak diasuh oleh ayah

Mengasuh bayi yaitu cuma pekerjaan seseorang ibu. Itu pendapat kuno. Bapak dapat juga mengasuh anak tidak kalah baik. Ini dia tips-nya.
1. Waktu ia didalam kandungan :
Berbicaralah dengan janin mulai sejak ia masih juga dalam kandungan, atau bacakan dongeng di perut ibundanya.
Dengan cara teratur, usap kandungan istri sembari menegur janin, umpamanya, “Selamat malam, Nak. Ini bapak. ”
Ada waktu bayi dilahirkan. Bila mungkin saja, ikutlah memotong tali pusatnya.
2. Sesudah ia lahir :
Kontak Fisik. Makin awal bayi mengetahui aroma badan Anda, makin cepat ia terasa aman serta nyaman di dekat Anda. Beri bayi ciuman, belaian serta pelukan. Biarlah ia tidur di dekapan Anda, tekuni tehnik pijat bayi lantaran pijatan Anda menguatkan bonding (ikatan batin) dengannya, juga gendong bayi waktu pergi ke dokter.
Komunikasi. Tidak selamanya berupa verbal (kalimat) serta dua arah. Walau nampaknya bayi belum tahu serta belum dapat merespon, tetaplah berkomunikasi dengannya untuk melindungi kedekatan serta tunjukkan hadirnya Anda. Langkahnya : kerjakan kontak mata, terlibat percakapan dengannya waktu bermain, memandikan, ganti popok atau menggendong. Berceritalah perihal aktivitas Anda sepanjang hari atau perihal benda-benda yang dipandang. Bacakan juga dongeng atau bernyanyi untuk dia.
Makin banyak aktivitas yang Bapak kerjakan berbarengan bayi, makin erat ikatan pada Anda dengannya. Kwalitas serta jumlah jalinan bapak dengan anak, utama untuk tumbuh kembangnya.

You may also like...