Mengatur Keuangan Keluarga Menjelang Lebaran? Ini Tipsnya!

Tidak terasa sebentar lagi hari raya Idul Fitri atau lebaran segera tiba. Rasa gembira merayakan lebaran bersama keluarga mungkin sering membuat Anda lupa untuk berhemat dan mengelola keuangan secara efektif. Boleh saja bila ingin bersenang-senang dengan seluruh anggota keluarga dan kerabat, namun jangan lupa untuk mengatur keuangan keluarga supaya Anda bisa tetap berhemat serta memiliki tabungan setelah merayakan hari lebaran. Jika Anda berencana menyiapkan kebutuhan hari raya lebaran mulai dari sekarang, maka Anda bisa mempelajari tips mengatur keuangan keluarga berikut ini:

Tetapkan Budget yang Akan Digunakan
Hal pertama yang harus Anda pelajari dari tips mengatur keuangan keluarga untuk menyambut lebaran adalah menetapkan jumlah budget. Dengan menetapkan jumlah budget terlebih dahulu, Anda tidak akan tergoda untuk mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan perlengkapan lebaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

Buatlah Daftar Belanja
Kebutuhan untuk menyambut hari raya lebaran memang sangat banyak, mulai dari membeli busana baru, menyiapkan dana untuk aneka hidangan, berbagi “salam tempel” dengan anggota keluarga hingga budget untuk pergi berlibur. Semua rencana kebutuhan yang akan Anda penuhi harus dicatat secara rinci dalam daftar belanja sehingga Anda bisa memperkirakan jumlah budget yang harus Anda gunakan.

Penuhi Kebutuhan dari Jauh Hari
Beberapa kebutuhan lebaran seperti busana baru atau budget untuk pergi berlibur bisa Anda persiapkan dari jauh-jauh hari agar pengeluaran Anda tidak membengkak ketika menjelang hari lebaran. Jangan kapok untuk berburu diskon supaya bisa mendapatkan kebutuhan lebaran dengan harga yang lebih rendah dari harga normal.

Utamakan untuk Menggunakan Uang Tunai
Agar bisa berhemat secara maksimal, sebaiknya Anda berbelanja dengan kartu debit atau uang tunai. Sebab berbelanja dengan kartu kredit bisa membuat Anda menjadi tergoda untuk membeli banyak barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jadi, batasi pengeluaran Anda secara cermat dengan mengurangi penggunaan kartu kredit saat belanja kebutuhan lebaran.

Menyiapkan Dana Tak Terduga
Tips mengatur keuangan yang satu ini seringkali dilewatkan oleh banyak orang. Padahal menyiapkan dana tak terduga pada budget Anda akan membantu Anda mengatasi naiknya harga kebutuhan lebaran. Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menyikapi kenaikan harga, sebab persiapan dana tak terduga akan membantu Anda mengatasi hal tersebut. Bila tidak digunakan, tentu saja dana tak terduga bisa kembali menjadi tabungan Anda setelah merayakan lebaran.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan hari raya lebaran yang serba mahal. Karena jika Anda mulai menabung dan mempersiapkannya dari sekarang, maka kondisi keuangan keluarga Anda akan tetap stabil menjelang lebaran maupun setelah merayakan lebaran. Selamat menabung sambil menyambut datangnya bulan suci Ramadhan!

You may also like...