4 Tahapan Tumbuh Kembang Anak – Keluarga Harmonis

Setiap anak memiliki proses tumbuh kembang anak yang berbeda-beda, dan hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Perbedaan proses tumbuh kembang ini mengharuskan para orangtua untuk bisa lebih jeli dalam memperhatikan perkembangan buah hati. Setiap perkembangan yang ditunjukkan oleh anak sangat penting untuk didukung agar bisa berkembang. Hal inilah yang membuat peran orangtua sangat diperlukan agar proses pertumbuhan anak menjadi lebih optimal.

Sebelum mengetahui tindakan apa yang bisa membantu proses tumbuh kembang buah hati, maka berikut beberapa tahapan pertumbuhan yang wajib diketahui terlebih dahulu:

1. Usia anak 0-6 bulan, merupakan masa pertumbuhan yang paling pesat, si kecil mulai membutuhkan banyak jam tidur, kemudian indera yang dimiliki turut berkembang.
2. Usia anak antara 1-2 tahun, seorang anak pada usia ini akan menunjukkan perkembangan motorik, mulai berjalan, mengenal lingkungan sekitar, dll.
3. Usia 3 tahun, anak mulai bisa menirukan bunyi, berupa bahasa yang Anda gunakan untuk berinteraksi maka anak akan mulai mudah menangkap dan mengingatnya.
4. Usia 5 tahun, anak sudah semakin sempurna perkembangan motoriknya dan memiliki perasaan terhadap segala kondisi sekitar.

Setiap tahapan membutuhkan dukungan dan dampingan dari orangtua, semisal saat mencapai tahap usia 3 tahun. Dimana kemampuan anak menirukan apa yang dilihat dan didengarkan, maka sangat penting mengajaknya terus berbicara banyak hal. Berikan anak bantuan fasilitas tumbuh kembang anak berupa buku, video anak-anak, lagu anak-anak, dll.

You may also like...