Memandikan Bayi Baru Lahir dengan Berendam

Bayi baru lahir terbilang sensitive akan banyak hal. Bayi baru lahir belum bisa melakukan apapun selain menangis untuk berkomunikasi. Ibu lah yang harus bisa memahami apa yang diinginkan bayinya atau apa yang terjadi dengan kondisi bayi. Oleh karena bayi belum bisa mengkomunikasikan keluhannya dengan baik, ibu harus bisa menjaga dan merawatnya sepenuh hati agar terhindar dari berbagai macam bahaya yang mengincarnya yaitu penyakit. Kuman selalu ada dimana-mana, bakteri juga. Tidak butuh perlakuan yang berlebihan, hanya saja selalu hindarkan bayi dari masalah kesehatan karena ia masih rentan. Untuk memandikan bayi baru lahir misalnya, jangan sembarangan. Gunakanlah perilaku khusus untuk cara memandikan bayi.

Perilaku khusus semacam apa yang harus dilakukan? Tentunya memandikan bayi tidak sama dengan anda mandi biasanya. Bayi membutuhkan air yang hangat. Kondisi tubuh yang hangat harus dijaga karena bayi jika kedinginan akan gampang terkena penyakit. Oleh karenanya memandikan bayi baru lahir harus dengan air hangat dan jangan terlelu lama agar tidak kedinginan. Gunakanlah sabun yang memang khusus digunakan untuk bayi agar kelembutan kulit bayi anda terjaga, juga ketika terkena mata tidak menimbulkan efek yang buruk. Karena terkadang air bisa saja masuk ke mata, mengingat wajah bayi yang memang sangat kecil yang membuat ibu kesulitan untuk memandikannya di bagian wajah bayi.

Anda suka berendam? Jangan sekali-kali ajak bayi anda yang baru lahir. Berendam meskipun dengan air hangat tetap saja bisa membuat bayi kedinginan setelahnya. Memandikan bayi yang baru lahir usahakan dengan waktu yang singkat. Jika bayi kedinginan maka berakibat pada kesehatan. Menggunakan sabun mandi bayi juga jangan sembarangan. Jangan samakan dengan sabun mandi anda dan keluarga. Gunakan sabun mandi khusus untuk bayi. Anda bisa menggunakan Zwitsal, yang merupakan produk mandi bayi khusus, membuat kulit bayi anda makin lembut juga tidak pedih di mata bila tak sengaja terkena bilasan air mandi. Ibu jadi tak perlu khawatir lagi kala memandikan bayi baru lahir.

You may also like...