Langkah Membuat Sabun Cuci Piring

Langkah-langkah ataupun cara membuat sabun cuci piring tentu memiliki caranya. Tidak semberang dalam melakukan proses pembuatan sabun cuci. Jika tidak dilakukan dengan teliti ataupun hati-hati tentu akan memberikan dampak buruk bagi orang si pemakai.

Kebutuhan akan sabun terutama sabun untuk mencuci piring memang tidak bisa kita sepelekan, apalagi di sebuah restoran yang mengharuskan mereka mencuci piring lebih banyak dibandingkan dengan tempat lain. Mungkin kita tidak pernah terpikirkan bagaimana cara membuat sabun cuci piring, karena banyak terjual dipasaran, namun jika kita fikirkan kembali selain kita menjadi tahu bagaimana cara membuat dan bahan apa saja yang digunakannya, hal tersebut dapat menjadi peluang usaha yang dapat kita manfaatkan terlebih lagi jika anda menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Nah bagi anda yang ingin mengetahui cara dan bahan apa saja yang digunakan, yuk kita simak tips berikut :

Siapkan bahan-bahan untuk pembuatan sabun cuci piring seperti : 1 kilo gram Texafom, 50 gr EDTA, 100 gr NaCI, 20 cc pewangi, 5 gram pewarna makanan sesuai selera, 2 liter air bersih. Bila anda bingung untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut anda bisa mencarinya di toko bahan-bahan kimia, namun yang harus anda perhatikan adalah takaran yang sesuai dari masing-masing bahan tersebut.

Proses langkah membuat sabun cuci piring

Alat yang akan digunakan untuk proses pembuatan sabun : Panci yang nantinya akan digunakan untuk proses perebusan, baskom, pengaduk, sendok, gayung, mangkok, kompor dan botol kemasan untuk menyimpan sabun yang telah jadi. Adapun untuk ukurannya bisa anda sesuaikan kembali, namun sebaiknya gunakanlah ukuran yang besar.

Proses pembuatan : Rebus dua liter air bersih, setelah air tersebut mendidih masukkan campuran texafom dan EDTA yang telah diaduk terlebih dahulu, masukkan sedikit demi sedikit 100 gr NaCI aduk kurang lebih 30 menit sampai cairan mengental dan tidak ada gumpalan. Selanjutnya cairkan 5 gr bahan pewarna dan pewangi kemudian masukkan perlahan sambil terus di aduk. Matikan api kompor dan dinginkan larutan tersebut. setelah dingin anda bisa memasukkan cairan tersebut pada botol untuk bisa anda gunakan. Pakailah sarung tangan dari bahan karet ketika anda melakukan proses pembuatan tersebut agar tangan anda aman. Itulah beberapa hal sebagai cara membuat sabun cuci piring sederhana yang dapat coba buat di rumah.

You may also like...