Untung Rugi Tabungan Pendidikan Anak, Patutkah Dipilih?

Biaya pendidikan sekarang ini sangatlah mahal. Sebagai orang tua, adalah tanggung jawab Anda untuk bisa memastikan bahwa putra-putri Anda mendapatkan pendidikan yang layak, dan itu berarti Anda harus menyiapkan dana untuk masa depan mereka. Sudahkah Anda bersiap diri? Biasanya, cara yang paling mudah dan dianjurkan untuk mempunyai dana pendidikan ini adalah dengan tabungan pendidikan anak. Apa saja keuntungan dan kelemahannya? Simak ulasan berikut ini.

Tabungan pendidikan untuk anak adalah produk bank, jadi dengan kata lain Anda akan mendapatkan jaminan kepastian bahwa bunganya stabil. Anda akan diminta untuk menyisihkan dana setiap bulan dalam jumlah tertentu sampai jangka waktu yang ditentukan. Jika sudah waktunya, atau nasabah meninggal, dana bisa ditarik. Inilah keuntungannya:

  • Prosesnya mudah-Anda pastinya sudah familiar dengan cara menabung. Tinggal datang, buka rekening, dan nantinya dana bisa ditransfer secara otomatis dari rekening utama.
  • Ada asuransi jiwa-jika pemegang rekening meninggal, ada uang pertanggungan dari asuransi.
  • Sudah dikenal-sehingga banyak orang yang lebih suka memilih ini karena resikonya kecil/nyaris tak ada.
  • Simpanan aman-meski bank mengalami masalah, tabungan akan tetap aman.

Meski demikian, Anda juga harus menyadari bahwa tabungan pendidikan pun mempunyai beberapa kekurangannya sendiri. Ini yang harus Anda perhatikan:

  • Bunga rendah

Dibandingkan asuransi pendidikan atau reksadana, tabungan pendidikan mempunyai bunga terendah. Inilah kompensasi dari risikonya yang kecil.

  • Tidak bisa mengejar inflasi pendidikan

Jika inflasi dana pendidikan 15-20%, bunga tabungan yang maksimal hanya 6% tentu tak bisa mengejar.

  • Jumlah tabungan harus ditingkatkan

Ini hanya hal opsional saja, tetapi jika Anda ingin dana pendidikan anak mencukupi sampai dia dewasa, maka Anda juga harus bersiap menabung dengan jumlah yang semakin besar.

Pada akhirnya, keputusan untuk menyisihkan dana menggunakan tabungan pendidikan anak ada di tangan Anda sendiri. jika Anda hanya menggunakannya untuk jangka pendek saja, atau demi menambah-nambah dana, maka tabungan pendidikan bisa jadi pilihan. Tapi untuk jangka panjang? Sebaiknya Anda pikir-pikir dulu lagi. Ingatlah, biaya pendidikan akan terus naik, dan tabungan belum tentu cukup.

You may also like...