Pencegahan, Gejala, dan Penyebab Diabetes Melitus Secara Umum

Penyakit diabetes melitus atau penyakit gula termasuk kedalam jajaran penyakit kronis yang dapat membahayakan jiwa penderitanya jika tidak segera ditangani secara serius. Penyebab diabetes ini adalah akibat disfungsinya organ pankreas  dalam memproduksi hormon insulin sehingga tubuh kekurangan hormon insulin dan akhirnya hal tersebut mempengaruhi jumlah kadar gula darah menjadi meningkat dan berlebihan. Konsentrasi gula darah dalam tubuh yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan karena dapat memunculkan luka yang sulit untuk segera pulih dan jika luka ini tidak mendapatkan penanganan yang baik dan tepat, luka tersebut berpotensi besar menjadi infeksi dimana jika terus berlanjut parah resiko mengalami pengamputasian akan semakin besar.

Apabila anda sekarang ini cenderung mengadopsi pola hidup tidak sehat maka anda harus berhati-hati dan segeralah merubah pola hidup yang tidak baik tersebut. Mengapa? karena salah satu penyebab penyakit diabetes yang utama ialah akibat kebiasaan menjalani pola hidup tidak sehat. Kebiasaan pola hidup sehat yang dimaksud adalah penerapan pola makan yang berlebihan namun cenderung tidak seimbang antara jumlah nutrisi yang dikonsumsi dengan jarangnya kebiasaan olahraga yang dilakukan. Akibatnya produksi hormon insulin dari pankreas menjadi terganggu dan tidak dapat menguraikan glukosa yang masuk dalam tubuh sehingga akhirnya glukosa tersebut pun menumpuk dalam darah.

Secara fisikly terdapat tanda-tanda yang dapat dilihat ketika seseorang terkena penyakit diabetes yaitu seperti mudah merasa lelah, selalu ingin buang kecil dengan intensitas yang sering, berat badan yang turun secara drastis, tubuh mudah merasa tidak bersemangat, sering merasa lapar, sering merasa haus, penglihatan yang menjadi kabur, suka merasa kesemutan pada bagian kaki dan tangannya, kulit mudah terkena infeksi  dan jika mengalami luka akan sangat sulit mengalami proses penyembuhan.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau mengobati penyakit diabetes melitus tersebut? secara spesifik sampai saat ini memang belum ditemukan obat yang secara ampuh mampu mengobati penyakit diabetes melitus. Inti dari pengobatan atau terapi diabetes melitus sebenarnya adalah harus mengatur pola makan dan hidup yang sehat supaya jumlah kadar gula darah dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik dan tidak terus mengalami peningkatan. Pencegahan yang dapat dilakukan supaya jumlah kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil tersebut adalah seperti berikut ini :

1.   Jangan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung glukosa karena sangat berefek pada peningkatan jumlah kadar gula darah dalam tubuh.

2.   Biasanya orang yang terkena penyakit diabetes mengalami obesitas. Untuk mengurangi resiko diabetes yang lebih parah lagi maka sebaiknya penderita obesitas tersebut harus dapat menurunkan berat badannya supaya jalannya fungsi tubuh semakin lancar.

3.   Rutin melakukan aktivitas olahraga supaya tubuh lebih bugar dan metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

4.   Mengatur pola makan dengan menjalankan program 3 J yakni jadwal, jenis, dan jumlah dari makanan yang harus diperhatikan dengan baik dan dilakukan secara konsisten.

You may also like...