Minuman Berbahan Kolang Kaling Yang Patut Dicoba

Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi saat mendengar kata “kolang kaling” yah seperti yang kita ketahui bahwa kolang kaling merupakan satu makanan yang sangat familiar terlebih di saat bulan ramadhan dimana banyak orang menggunakan kolang kaling sebagai bahan dasar kolak ataupun sering digunakan sebagai campuran dalam pembuatan aneka minuman segar dan begizi.

Minuman ini cocok sekali di hidangkan untuk menambahkan keharmonisan dan keceriaan di dalam keluarga, sambil duduk bersama menikmati kolang-kaling sembari bercerita soal keluarga seperti menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat keluarga semakim harmonis.

Ada banyak sekali cara membuat aneka minuman segar berbahan dasar kolang kaling mulai dari es campur, es teler dan sebagainya. Kolang-kaling sangat cocok untuk dikonsumsi di siang hari saat cuaca panas pengecualiannya saat bulan puasa. Saat bulan puasa minuman ini sangat pas untuk disantap saat berbuka puasa, oleh karena itu tidak mengherankan jika minuman segar banyak disukai juga dikonsumsi oleh banyak orang.

Salah satu minuman yang mungkin akan membuat anda penasaran yakni es merah kolang kaling dimana minuman yang satu ini terbuat dari kolang kaling dan juga beberapa bahan yang lainnya. Bagi anda yang penasaran cara membuat kolang-kaling yang satu ini, berikut ini kami akan memberikan tips lengkap dalam membuat minuman es merah kolang kaling yang sungguh menyegarkan, dan berikut ini yang harus anda persiapkan:

Bahan bahan kolang-kaling:

● 250 gram kolang kaling merah yang sudah anda potong potong sesuai selera
● 600 ml air
● 200 ml sirup cocopandan
● 100 ml air putih
● 150 ml susu kental
● 1 sdm biji sekalsih
● Es batu secukupnya
● 1 bungkus agar agar merah

Pembuatan kurang lebih 20 menit:

Langkah pertama, anda dapat mencampur agar agar dengan air, gula pasir, kemudian masak hingga mendidih. Atau anda bisa terlebih dulu mematangkan airnya baru setelah itu masukkan gulanya dan sembari di aduk di wajannya dengan kondisi api masih menyala.

Setelah itu, anda dapat menuangkannya didalam wadah dan diamkan sampai agar mengeras. Kemudian, andapun dapat memotong agar agar yang sudah mengeras sesuai selera mau dipotong dadu ataupun bentuk yang lainnya dan berapa besarnya ukuran yang ingin di potong bisa sesuai dengan selera anda dan keluarga.

Jika sudah selesai, siapkan gelas penyajian dan masukkan kolang kaling yang sudah di potong, agar agar, dan juga biji selasih. Untuk hasil yang lebih lezat dan beraneka rasa, anda dapat mencampurkan sirup di kolang-kaling anda, misalnya untuk membuat sirup menjadi lebih berasa kelapa yang enak, anda dapat memasukkan sirup cocopandan serta susu kental yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Dan yang terakhir, masukkan es batu, hingga es merah kolang kaling menjadi lebih menarik. Jangan lupa sebelum anda meminumnya, anda memastikan bahwa minuman kolang-kaling terasa manis dengan merata yakni dengan cara mengaduknya kembali di gelas, setelah itu anda bisa menikmati dengan keadaan yang tentunya lezat di lidah.

Semoga bermanfaat.

You may also like...