Stimulasi bayi ketika dalam kandungan dengan gerakan tangan

Stimulasi bayi tidak hanya dapat dilakukan ketika ia setelah dilahirkan saja dengan metode Zwitsal Baby Spa, melainkan juga dapat dilakukan ketika ia masih dalam kandungan. Tetapi tentunya stimulasi yang diberikan juga berbeda. Pemberian stimulasi ketika bayi masih dalam kandungan tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan harus penuh dengan kelembutan.

Stimulasi bayi ketika masih dalam kandungan tergolong atas 2 metode yaitu dengan suara dan sentuhan tangan. Tetapi pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara member stimulasi dengan sentuhan ataupun gerakan tangan pada saat bayi masih dalam kandungan. Penasaran apa saja yang stimulasi yang dapat dilakukan, berikut adalah cara-cara atau gerakan-gerakan tangan tersebut.

  1. Menekan

Pertama yang harus ibu lakukan adalah dengan meletakkan kedua telapak tangan pada kedua sisi perut. Gunakan ujung dari jari untuk menentukan posisi si jabang bayi. Rasakan bagaimana dan dimana posisi badan dan kepalanya. Kemudian jika telah merasakan kedua bagian tersebut, kemudian beri sedikit tekanan lembut. Setelah itu lakukan gerakan tekanan secara merata dan tentunya lembut dan perlahan.

  1. Membelai

Letakkan telapak tangan ibu ke sekitar bagian bawah perut, karena disitulah letak atau posisi punggung si jabang bayi. Setelah itu, lakukan gerakan belaian dari bagian bawah perut hingga ke bagian atas perut yang merupakan letak posisi pantat si kecil. Selain itu juga ketika melakukan kegiatan tersebut dapat dibarengi dengan ucapan kata-kata yang lembut.

  1. Mengguncang

Hal pertama yang harus diketahui sebelum melakukan kegiatan ini adalah mengetahui dimana letak posisi punggung dan panta si jabang bayi. Jika sudah, maka letakkan tangan ibu ke kedua sisi perut yang merupakan letak dari kedua bagian tubuh si kecil tersebut. Setelah itu angkat perut ibu secara perlahan dan biarkan kembali ke posisi semula.

  1. Mengusap

Pertama, ibu harus mengetahui letak posisi punggung dan pantat si kecil. Setelah ketemu, maka lakukan gerakan mengusap-usap secara melingkar sambil ibu iringi dengan nyanyian ataupun iringan musik klasik.

  1. Menepuk

Gerakan ini sama seperti halnya gerakan menepuk lainnya tetapi harus dilakukan secara lembut dan harus mengetahui terlebih dahulu dimana letak punggung dan pantat bayi. Nantinya ketika melakukan gerakan tersebut, si kecil akan member respon dengan tendangan ataupun yang lainnya.

You may also like...