Asuransi Yang Ada di Indonesia Jaminan Untuk Kesehatan

Seperti yang kita kenali di belakangan ini orang-orang Indonesia condong telah tahu begitu banyak apa yang di utamakan untuk kesehatan. Kesehatan adalah aset paling utama dalam tiap-tiap kehidupan manusia, oleh karena itu tanpa ada kesehatan kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Banyak dari kita sudah sadar bakal mahalnya biaya untuk berobat saat sakit serta berapa biaya yang lain untuk melindungi kesehatan kita. Oleh karena itu banyak beberapa layanan yang di tawarkan beragam jenis perusahaan membuat perlindungan kita dari ancaman kesehatan bahkan juga kematian. Ya, satu diantaranya yaitu Asuransi Kesehatan.

Asuransi merupakan jaminan untuk masa mendatang yang tidak dapat diprediksi apa yang akan terjadi. Banyak jenis asuransi di Indonesia yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan sangat dibutuhkan mengingat kesehatan yang semakin lama semakin menurun, sehingga ketika di diagnosa menderita penyakit tertentu yang harus diobati ataupun harus dirawat inap. Sehingga, sebelum Anda mengajukan asuransi kesehatan, pastikan Anda menanyakan pertanyaan berikut mengenai klaim dan rawat inap.

Anda harus menanyakan dengan jelas bagaimana cara mengajukan klaim di perusahaan asuransi tempat Anda menjadi nasabah. Hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi jika pengeluaran yang harus Anda keluarkan untuk berobat lebih besar dibandingkan perkiraan Anda dan Anda tidak bingung ketika diharuskan untuk membayar sejumlah uang tagihan pengobatan. Pada dasarnya, terdapat syarat umum untuk jenis penggantian.

2 jenis penggantian klaim dalam asuransi yang ada di Indonesia yaitu:

• Penggantian berdasarkan pada biaya tagihan perawatan yang dilakukan di rumah sakit. Pada dasarnya setiap asuransi kesehatan telah menetapkan sejumlah plafond secara terpisah untuk biaya kamar, dokter, obat, operasi dan sebagainya. Sehingga, ketika besar biaya lebih besar dibandingkan plafond, Anda harus menombok atau menambah dengan uang sendiri.
• Santunan harian rawat inap atau cash plan dan tidak melihat dari tagihan rumah sakit. Jumlah penggantian untuk asuransi adalah tetap maksudnya jumlah sebesar santunan harian dikali jumlah hari dirawat dengan resiko peserta harus menggunakan uang sendiri jika tagihan besar.

Kedua adalah menanyakan dalam masalah rawat inap dalam asuransi di Indonesia. Hal yang harus Anda pastikan dalam rawat inap dengan menggunakan asuransi yaitu:

• Rawat inap yang dapat ditanggung oleh asuransi hanya dilakukan di rumah sakit bukan di klinik ataupun puskesmas.
• Lama rawat inap yang dapat ditanggung asuransi kesehatan sehingga dapat mengajukan klaim kesehatan. Biasanya, Anda dapat mengajukan klaim setelah 2 hari rawat inap namun terdapat beberapa asuransi yang sudah mengijinkan pengajuan klaim setelah 1 hari rawat inap, atau beberapa jam ketika masuk UGD, tergantung kebijakan asuransi.

You may also like...