Penyebab Mencret pada Anak

Diare adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya buang air besar secara terus-menerus dengan feses berbentuk cair dan dapat menyebabkan dehidrasi jika berkepanjangan, ini karena penyakit ini dapat mengurangi cairan seseorang atau penderitanya dengan cukup cepat. Penyakiy ini cukup banyak sekali terjadi di negara-negara berkembang salah satunya di Indonesia, ini karena standar hidup yang masih rendah. Penyakit ini juga sebagai penyebab faktor kematian terbesar dari anak-anak. Ketika seseorang anak menderita penyakit ini maka proses pencernaan makanan di lambung   sedekit berbeda. Jika anak normal proses percernaan makanan di lambung pertama kali adalah menjadi bubur atau Chymus. Kemudian diteruskan ke usus halus untuk diuraikan lebih lanjut serta diserap nutrisinya. Setelah itu nutrisi tadi disalurkan ke dalam darah untuk disebarkan ke seluruh anggota tubuh. Kemudian sisa makanan yang telah diproses tadi yang terdiri dari 90% air dan sulit dicerna diteruskan ke usus besar. Kemudian pada usus besar akan diuraikan lagi dengan bakteri-bakteri yang terdapat di sana. Kemudian air yang terkandung tadi dikurangi lagi sehingga feses yang dikeluarkan lebih padat. Akan  tetapi proses ini berbeda ketika seseorang anak menderita diare, karena air yang terkandung tadi tidak dapat dikurangi sehingga fesesnya cukup cair. Lantas apa saja penyebab mencret pada anak-anak?Berikut ini adalah penyebabnya.

Secara teoritis penyebab diare atau penyebab mencret pada anak terjadi karena gangguan dari resorpsi sedangkan sekresi getah lambung, usus dan mobilitas usus mengalami peningkatan. Selain itu penyebab diare pada anak juga seringkali disebabkan oleh peningkatan gerak peristaltik usus sehingga pelintasan chymus  jauh lebih cepat dan menyebabkan makanan yang dicerna masih mengandung banyak air sehingga feses berbentuk sangat cair. Terdapat sebuah penelitian yang ada di tahun-tahun terakhir ini yang menunjukkan bahwa penyebab utama dari mencret pada anak adalah bertumpuknya cairan di usus karena terganggunya proses resorpsi air atau terjadi reaksi hipersekresi.

Selain itu penyebab yang lainnya juga ada yaitu disebabkan oleh virus, kuman, dan toksin dan juga daya tahan tubuh seorang anak masih belum cukup baik sehingga sangat mudah terserang ketiga hal tersebut. Oleh karena itu peran orang tua untuk menjaga kebersihan diri anaknya perlu diperhatikan, karena kebanyakan awal mula dari penyakit buang air besar ini diawali karena lingkungan yang tidak sehat. Selain itu faktor yang paling terpenting adalah penggunaan sabun mandi yang memiliki fungsi sebagai anti kuman. Untuk itulah gunakan Lifebuoy Cleanishield yang dapat membunuh 99,9% kuman penyebab penyakit pada diare ketika anak anda mandi.

You may also like...