Rumus Broca, Tidak Selalu Cocok Mengukur Berat Badan Ideal

Cara mengukur berat badan ideal untuk pria dan wanita sekarang ini mudah saja, sudah ada beberapa rumus yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Adalagi cara lain seperti kalkulator online. Kalkulator online adalah cara yang bisa mengukur berat badan ideal.

Itu cara lainnya, namun secara umum, ada 2 jenis rumus yang biasa digunakan untuk melakukan penghitungan, yaitu dengan rumus BMI atau Body Mass Index, serta satu lagi dengan menggunakan sistem yang disebut dengan rumus Broca.

Rumus untuk mengukur berat tubuh ideal ini pertama kali dibuat oleh Dr. Pierre Paul Broca pada tahun 1871, yang kemudian menjadi populer berkat Dr. BJ Devine di tahun 1970-an.

Penghitungan yang diperhatikan dengan menggunakan rumus broca untuk mengukur berat badan ideal, sebagai berikut:

• Wanita

– Berat badan ideal = (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100))
– Contohnya, wanita dengan tinggi 160 cm berarti berat idealnya adalah = (160 – 100) – (15% x (160 – 100)) = 51 kg.

• Pria

– Berat badan ideal = (tinggi badan – 100) – (10% x (tinggi badan – 100))
– Kalau tinggi badan pria 170 cm, maka berat idealnya adalah = (170 – 100) – (10% x (170 – 100)) = 63 kg.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Broca ini, karena ada keterbatasan yang dimilikinya.

Beberapa kekurangan yang terdapat dalam rumus broca ini adalah, dibawah ini lebih jelasnya:

• Rumus ini pada dasarnya memang bukan untuk menghitung ukuran berat badan yang ideal, melainkan untuk menghitung pemakaian dosis obat berdasarkan dari berat badan yang dimiliki pasien.

• Rumus ini juga tidak menghiraukan faktor seperti tinggi badan rata-rata populasi pada kelompok bangsa tertentu. Broca berasal dari negara Perancis, sehingga itulah yang jadi patokan.

• Kalau Anda memiliki tubuh yang pendek, hasil penghitungan dari rumus ini akan membuat Anda sangat-sangat underweight.

Jadi, bisa dibilang bahwa rumus Broca tidak selalu menjadi patokan mengukur berat badan ideal. Namun anggap saja bahwa rumus ini merupakan sebuah rumus sederhana yang menjadi salah satu cara bagi Anda untuk memprediksi berapa sebenarnya berat tubuh yang ideal tersebut, terutama jika Anda berada pada tinggi rata-rata, seperti 160-an cm.

You may also like...