Pantau Tumbuh Kembang Anak Dengan Cara Pahami Sudut Pandang Anak

Pasti sobat selaku orang tua ingin bukan, melihat tumbuh kembang anak bisa berjalan secara normal? Tetapi untuk melakukannya, sobat harus memahami dahulu sudut pandang anak secara mendalam lagi. Namun umumnya, sudut pandang anak dengan sudut pandang sobat selaku orang tua jelas berbeda. Nah, untuk itu coba sobat lakukan pemikiran kembali mengenai masa lalu sobat sebagai anak kecil dan mulai kembali pahami prespektif si anak. Untuk lebih mudahnya dalam memantau atau mengetahui seberapa cepatnya tumbuh kembang anak, bisa sobat lakukan dengan cara memasuki dunia si anak. Namun untuk memasuki dunia si anak, sobat perlu pahami sudut pandang anak terlebih dulu. Berikut caranya :

1. Carilah tahu hal apa saja yang kini menjadi kesukaan si anak dan hal yang tak disukai anak.
Mungkin sobat bisa memahami beberapa hal yang bisa sobat ketahui dari anak. Misal, seperti pelajaran, film dan musik yang anak sukai. Selanjutnya, sobat harus bujuk anak untuk mengungkapkan semua hal yang ia tidak sukai. Nah, dengan begitu sobat bisa mudah pahami dunia si anak dari hal yang ia sukai dan tak disukai.

2. Coba Sobat Pahami Apa Saja Yang Anak Inginkan.
Setelah sobat tahu hal yang senangi dan tak disenangi si kecil maka sobat tahu dengan apa saja yang anak inginkan. Walaupun keinginan tersebut tak sesuai dengan apa yang sobat inginkan maka cobalah untuk memahami keinginan si kecil lebih mendalam lagi. Apabila keinginan anak itu ternilai positif untuknya maka sobat selaku orang tua harus berikan dukungan lebih kepada anak. Sebaliknya, jika keinginan anak mengarah hal negatif maka sobat harus berikan pengertian dan arahan yang tepat pada anak untuk menjauhi keinginannya tersebut.

3. Lakukannlah Komunikasi Dengan Anak Sesering Mungkin.
Jika sobat sibuk dengan begitu banyaknya pekerjaan yang menumpuk, alangkah baiknya sobat usahakan terlebih dahulu mengetahui cara meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak minimal 10 menitan sehari sambil minum secangkir teh Sariwangi. Dengan melakukan komunikasi sambil ditemani hangatnya seduhan teh Sariwangi, komunikasi pun semakin mengalir lancar dan akhirnya anak bisa menceritakan semua kisahnya kepada sobat.

You may also like...