Pentingnya Memahami Psikologi Anak Sejak Dini

Memahami psikologi anak usia dini merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh para orang tua. Masa anak usia dini merupakan masa terpenting di dalam perkembangan dari anak itu sendiri. Masa – masa emas tersebut anak akan mulai sensitif terhadap segala macam rangsangan. Secara individual anak akan memiliki tingkat perkembangan yang berbeda – beda.

Perkembangan anak dan pertumbuhannya akan memiliki keterkaikan karena perkembangan fisik dan motoril yang saling berhubungan dengan perkembangan psikisnya. Oleh sebab itu psikologi perkembangan tersebut tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.  Pemahaman akan hal tersebut akan dapat membantu orang tua dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan. Pada setiap anak pada usia dini akan mengalami perkembangan pada beberapa aspek penting dalam kehidupannya seperti.

Perkembangan bahasa

Dalam memahami psikologi anak khususnya dalam perkembangan kemampuan bahasa seorang anak terdapat beberapa periode, yaitu :

  • Periode pre-lingual, biasanya terjadi pada usia 0 – 1 tahun dimana anak akan mulai mengoceh.
  • Periode lingual, biasaya terjadi pada usia 1 – 2,5 tahun dimana anak sudah mampu membuat kalimat.
  • Periode dideferensiasi, biasanya terjadi pada usia 2,5 – 5 tahun dimana anak memiliki kemampuan bahasa yang baik dan benar.

Perkembangan kognitif

Perkembangan kemampuan kognitif pada anak terjadi dalam beberapa tahap, yaitu :

  • Tahap sensor motor (0 – 2 tahun). Pada tahap ini anak akan mulai memiliki kemampuan gerakan refleks.
  • Tahap pra operasioanal (2 – 7 tahun). Pada tahap ini anak akan mulai dapat menerima rangsangan akan tetapi sifatnya masih terbatas.
  • Tahap konkret operasioanal (7 -11 tahun). Pada tahap ini anak sudah dapat berfikir secara rasional dan dapat menjalankan operasional yang nyata.
  • Tahap formal opersiomal (anak beranjak remaja). Pada tahap ini anak sudah mampu berfikir dengan menggunakan hipotesa untuk memecahkan masalah.

Perkembangan sosio-emosional

Memahami psikologi anak mengenai perkembangan sosio-emosional sangat prnting untuk dilakukan. Karena dengan perkembangan ini anak akan terbentuk rasa percaya diri dan perkembangan kemandirian dalam dirinya.

Related Artikel :

Cara Memahami Psikologi Anak SD

You may also like...