Bakteri Penyebab penyakit Diare

Penyakit diare sekarang ini cukup banyak sekali diderita oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan penyebaran penyakit ini sebagian besar melalui bakteri. Perlu anda ketahui, di dunia ini terdapat ribuan jenis dari organisme atau bakteri yang dapat menginfeksi saluran pencernaan, dan beberapa diantaranya dapat menjadi salah satu penyebab penyakit diare. Dari kelompok bakteri, terdapat 4 jenis bakteri yang paling umum dijumpai pada kasus-kasus diare yang terjadi di berbagai belahan dunia. Bakteri tersebut antara lain E. Coli, Campylobacter, Salmonella, dan Shigella.

Setelah anda mengetahui bakteri yang telah disebutkan diatas, tentunya anda ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai ke-4 jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit diare tersebut. Oleh karena itu, berikut ini adalah penjelasannya.

  1. E-Coli
    Sebenarnya bakteri ini tidak semuanya membahayakan tubuh dan bakteri ini hidup di dalam saluran pencernaan manusia. Akan tetapi, beberapa jenis dari bakteri ini ternyata dapat mengeluarkan racun yang dapat menimbulkan infeksi yang parah dan dapat menyebabkan diare.
  1. Campylobacter
    Bakteri ini menginfeksi manusia dengan perantara atau tidak secara langsung. Media perantara tersebut, antara lain makanan yang tidak dimasak dengan cukup matang terutama daging, produk-produk olahan susu dan keju. Selain itu, air yang berasal dari kran ataupun sumur juga banyak sekali mengandung bakteri berjenis ini.
  1. Salmonella
    Bakteri ini sering kali ditemukan pada daging mentah ataupun produk yang memiliki bahan dasar berupa susu. Selain itu, bakteri ini juga sering kali ditemukan pada hewan berjenis reptil. Bakteri ini akan berkembang cukup cepat setelah menginfeksi tubuh dan gejala diare akan muncul dalam rentang waktu 12 jam hingga 3 hari dan gejala ini mampu bertahan hingga 7 hari.
  1. Shigella
    Bakteri ini hidup di dalam air dan dapat menempel pada makanan. Selain itu, bakteri penyebab diare ini juga sangat berbeda dengan bakteri yang diatas,  karena bakteri ini dapat menular dari manusia ke manusia. Biasanya kasus diare karena bakteri ini seringkali muncul pada lingkungan dengan gaya hidup yang tidak higienis.

Itulah penjelasan mengenai keempat bakteri penyebab penyakit diare. Jika anda ingin terhindar dari keempat jenis bakteri tersebut, maka anda harus membiaskan diri untuk mencuci tangan sebelum makan dan selesai BAB menggunakan sabun cuci tangan anti bakteri dari Lifebuoy.

You may also like...