Tips Menghilangkan Bau Amis Ikan Dengan Lengkap

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dipilih dan digemari karena selain rasanya yang enak, kandungan protein di dalamnya juga sangat tinggi. Namun, kendala yang sering dijumpai dalam memasak ikan adalah baunya yang amis. Tips menghilangkan bau amis yang terdapat dalam ikan akan sangat berguna untuk diketahui. Beberapa bahan alami dapat digunakan untuk mengurangi bau amis ikan tanpa mempengaruhi rasa dan kandungan protein di dalamnya. Bila hal ini bisa hilang, tentunya kenyaman anda sekeluarga akan terasa bukan.

Berikut cara dan bahan alami penghilang bau amis

bau membandel

1. Cara pertama penghilang bau amis

Untuk menghilangkan bau amis ikan adalah dengan merendamnya dalam air cuka. Buang terlebih dahulu insang dan kotoran dalam perut ikan, lalu rendam dalam air yang diberi cuka selama kurang lebih lima belas sampai dengan dua puluh menit. Cairan cuka akan mengurangi amis pada ikan. Setelah direndam, barulah ikan dibilas bersih dan dapat langsung dimasak.

2. Tips menghilangkan bau amis berikutnya

Berikutnya untuk menghilangkan bau amis adalah dengan mengolesi ikan menggunakan garam serta perasan jeruk lemon. Setelah ikan dibersihkan dan dicuci bersih, olesi menggunakan gara, dan juga perasan jeruk lemon sampai merata. Diamkan sekitar sepuluh hingga dua puluh menit, lalu bilas.

3. Gunakan Susu

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengurangi amis pada ikan adalah susu. Walau kedengarannya aneh, namun susu memang benar-benar berguna untuk membantu mengurangi amis. Rendam ikan dalam susu segar. Setelah sepuluh hingga lima belas menit, bilas menggunakan air.

4. Rendaman Lain

Rendaman lain yang dapat digunakan untuk mengurangi bau amis adalah asam jawa. Rendam ikan dalam larutan ini selama lima belas menit lalu bilas bersih.

Selain mengurangi bau amis pada ikan, peralatan masak juga harus dibersihkan setelah selesai memasak ikan. Ini karena sisa minyak yang menempel akan mengotori peralatan masak dan mempengaruhi rasa makanan yang dimasak selanjutnya. Selalu bersihkan peralatan masak menggunakan sabun cuci piring Sunlight agar wajan, piring dan sendok terhindar dari sisa-sisa minyak yang menempel. Menjaga kehigienisan peralatan masak akan turut meningkatkan kualitas masakan Anda. Demikian tips bagi anda yang ingin menghilangkan bau amis dari ikan serta menghilangkan sisa minyak pada peralatan masak.

Pertanyaan berikutnya apa yang perlu dilakukan bila ikannya sudah tidak ada, namun dapur tetap tercium bau amis? Ya memang beragam referensi yang memberikan tips penghilang bau terutama bau amis sangat banyak, namun terkadang kita sudah melakukannya namun belum mendapatkan jalan keluarnya. Oleh karena itu perlu kita pelajari dulu mengapa bau tersebut masih melekat di dalam dapur.

Barang Kondisi
Ikan Ikan fresh atau ikan busuk
Tempat Masak Sudah digunakan sebelumnya lalu dicuci bersih atau belum

Kondisi Ikan

kondisi ikan

Ikan yang anda masak apakah sebelumnya saat dibeli dalam keadaan yang fresh atau tidak, bila masih fresh kemungkinan bau ikan masih terus membandel di dapur sulit terjadi. Selain itu apakah ikan yang anda beli sebelumnya sehat atau terlihat pucat. Jenis ikan yang anda beli juga akan mempengaruhi lama tidaknya bau tersebut melekat, tentunya berbeda perlakuan antara ikan air laut dengan air tawar

Tempat Masak

tempat masak

Tempat masak yang anda gunakan bisa jadi sebelumnya pernah dipakai untuk memasak makanan yang berbau amis, oleh karenanya perhatikan atau ingat-ingat apakah tempat makan tersebut sudah dibersihkan secara maksimal atau tidak. Atau bisa jadi justru wastafel anda yang kotor, sehingga saat anda mencuci piring atau peralatan masak justru tetap saja akan bau.

Bila hal itu sudah anda perhatikan, anda coba buka pintu lebar-lebar agar sirkulasi udara bisa lancar dan juga anda bisa taburkan kopi dimana yang menurut anda menjadi pangkal bau tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

 

 

 

You may also like...