Tahapan Tumbuh Kembang Anak Yang Penting Untuk Orang Tua Ketahui

Menyaksikan tahapan tumbuh kembang anak secara sehat dan juga ceria tentunya merupakan harapan bagi setiap orang tua. Ini karena anak merupakan buah hati penyejuk jiwa yang kehadirannya sangat diharapkan, sehingga dalam tumbuh kembangnya menjadi perhatian utama bagi orang tua supaya anaknya dapat tumbuh secara sehat. Untuk melihat anaknya dapat tumbuh secara maksimal baik dalam perkembangan fisik dan mentalnya setiap orang tua rela melakukan banyak hal untuk anaknya. Bahkan ia pun rela mengorbankan waktu dan materi hanya demi anaknya. Oleh karena itu sebagi orang tua anda perlu mengetahui tentang bagaimana tahapan tumbuh kembang anak anda, sehingga pada setiap tahapnya anda dapat melakukan hal terbaik untuk anak anda.

Pada setiap bayi akan mengalami tahapan-tahapan dalam perkembangan dirinya. Tahapan-tahapan ini jika dapat tumbuh secara maksimal maka akan menjadikan bayi anda tumbuh dengan sehat secara maksimal baik untuk tumbuh kembang fisik ataupun mentalnya.

Dalam tahapan perkembangan anak anda ada beberapa tahapan yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut. Pertama, untuk anak usia 0 – 1 tahun, dalam tahap perkembangannya anak biasanya lebih banyak tidur. Ini karena indra yang dimilikinya masih dalam tahap perkembangan. Namun seiring berjalannya waktu maka anakpun akan mulai mengembangkan berbagai indranya seperti penglihatan dengan sering berkedip, mengembangkan indra pendengar, perasa, dan indra peraba (kulit). Untuk tahap perkembangan anak ini biasanya akan berbeda pada setiap anak.

Kedua, pada perkembangan usia 1 – 2 tahun. Tahap ini anak akan mulai belajar apa saja yang ada di sekitarnya seperti berjalan, tertawa, adanya rasa penasaran, tertarik pada hal kesenian, dan juga ia agak mulai bandel dengan tidak mau mendengarkan berbagai perintah dan yang lainnya. Untuk tahap ini pengawasan yang ekstra diperlukan oleh orang tua dalam mengenalkan anaknya pada hal-hal yang baru.

Ketiga, saat usia 18 bulan, pada usia ini anak akan mulai berlatih untuk berjalan dengan sendiri, pada tahap ini untuk sebagian anak juga sudah belajar mengenai pengembangan kata, pergerakan aktif (motorik ) dan yang lainnya. Keempat, tahap ini dimulai saat anak berusia 3 tahun ke atas. Pada tahapan ini anak sudah bisa belajar naik sepeda roda tiga dan yang lainnya. Selain itu juga kosakata anak mulai meningkat ditambah dengan logikanya yang sudah mulai berjalan.

Ke lima, untuk tahap ini anak muali senang berkomunikasi dengan teman sebaya, artinya mulai tumbuh sikap sosialnya dengan bermain bersama dan yang lainnya. Ke enam, yang merupakan tahap selanjutnya anak sudah mulai memiliki rasa penyesalan dengan adanya sikap tanggung jawab dan juga dibarengai dengan perkembangan motorik yang meningkat.

You may also like...