Tips Menghilangkan Bau Pada Dapur Dan Perlengkapan Makan

Bau tidak sedap pada dapur dan peralatan makan tentu membuat kita merasa tidak nyaman berada di dapur. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri mengingat dapur menjadi tempat bagi sebagian besar ibu rumah tangga menghabiskan waktu-nya untuk memasak. Bau menyengat akan menganggu kegiatan memasak atau bahkan dapat mempengaruhi cita rasa makanan yang dimasak.

Dapur apabila sudah terlanjur kotor maka akan sangat sulit dibersihkan, jadi sejak awal kita harus rutin membersihkan semua sudut sudut dapur. Dapur bersih maka otomatis bau menyengat akan hilang dengan sendirinya, cepat lambat-nya tergantung dari banyak faktor salah satunya sirkulasi udara di ruang dapur itu sendiri. Berikut ini tips menghilangkan bau pada dapur dan peralatan makan yang harus anda ketahui.

Cara Menghilangkan Bau Pada Dapur Dan Perlengkapan Makan

• Membersihkan Tempat Cuci Piring

Selain tong sampah, tempat cuci piring juga termasuk bagian dapur yang menjadi sumber bau tidak sedap. Kebanyakan orang hanya mencuci piring menggunakan sabun Sunlight namun lupa membersihkan tempat cuci piring secara menyeluruh sehingga sisa makanan kerap tertinggal dan pada akhirnya dapat menimbulkan bau menyengat. Cara membersihkan-nya sangatlah mudah yakni disikat saja secara berkala agar kebersihannya selalu terjaga.

• Pisahkan Dapur Basah Dan Dapur Kering

Memisahkan dapur basah dan kering juga bisa anda lakukan supaya dapur tidak mudah kotor. Fungsi dapur basah yaitu untuk mengolah bahan mentah, sedangkan dapur kering sebagai tempat memasak. Jadi nantinya masalah bau akan teratasi secara efektif karena kita cepat mengetahui sumber bau menyengat itu berasal. Biasanya dapur basah lebih cepat kotor jadi harus rutin dibersihkan setelah digunakan.

• Gunakan Bahan Alami

Selain area dapur, perlengkapan masak seperti panci, piring dan sendok seringkali masih mengeluarkan bau amis makanan. Anda bisa menggunakan bahan bahan alami seperti jeruk nipis, soda kue ataupun timun yang bisa dicampurkan dengan sabun pada saat mencuci piring. Sebenarnya ini termasuk cara lama karena sekarang kita cukup menggunakan Sunlight saja maka semua bau amis akan hilang. Piring berserta peralatan masak menjadi bersih dan wangi.

Oke demikianlah cara atau tips menghilangkan bau yang bisa anda coba lakukan di rumah. Asal ada komitmen dan kemauan dari diri kita untuk merawat dapur dan segala perlengkapan didalamnya maka dapat dipastikan bau yang menganggu itu tidak akan pernah muncul. Semoga artikel ini bermanfaat bagi setiap pembaca, terima kasih.

You may also like...