Penyebab Mencret Berkelanjutan dan Pencegahannya

Mencret berkelanjutan akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih lemah dan akhirnya mengalami diare. Diare merupakan mencret yang telah akut karena tidak melakukan pengobatan dan juga pencegahannya. Penyakit mencret dan diare memang sering dialami oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Selain karena daya tubuh yang kurang, penyakit mencret bisa disebabkan karena berbagai faktor termasuk dari faktor makanan yang kurang bersih. Penyebab mencret berkelanjutan akan dijelaskan dalam artikel ini sehingga kamu pun bisa menghindarkan diri dari penyakit yang membuat kamu bolak-balik ke kamar mandi ini.

Mencret yang terjadi karena makanan yang kurang bersih biasanya tidak akan berlangsung lama. Namun jika diare atau mencret terjadi sampai 1 bulan atau berkelanjutan, hal ini cukup beresiko. Penyebab mencret yang berkelanjutan yang pertama adalah alergi pada makanan. Jika kamu adalah orang yang kebetulan memiliki konstitusi yang lemah, kamu harus menghindari makanan-makanan seperti daging dan kacang dan juga makanan yang banyak mengandung laktosa. Hal ini dikarenakan orang dengan tipe tersebut alergi terhadap makanan dan zat tersebut. Jika tetap dikonsumsi, diare berkepanjangan pun dapat terjadi. Kedua, diare atau mencret bisa disebabkan karena penyakit lain yang sedang diidap. Contohnya saja penyakit serius seperti kanker usus, gagal ginjal,dan juga diabetes. Penderita penyakit tersebut bisa mengalami diare yang berkepanjangan.

Terakhir adalah disebabkan karena jamur yang bernama candida albicans. Jamur jenis ini merupakan jenis jamur ragi yang bisa ditemukan di saluran pencernaan. Jika jumlah jamur tersebut sedikit, hal itu bisa membantu pencernaan di dalam tubuh. Namun jika jumlah jamur terlalu banyak, hal tersebut akan menyebabkan diare yang berkepanjangan. Oleh karena itu, kamu bisa mencegah diare yang berkepanjangan dengan cara memperhatikan pola hidup yang bersih dan pola makan yang sehat. Periksakan diri setelah mengalami gejala diare agar penyebabnya bisa dideteksi oleh dokter. Bersihkan selalu tangan sebelum makan dan setelah melakukan sesuatu karena bagaimanapun tangan merupakan sumber dari kuman karena digunakan untuk berbagai aktifitas sehari-hari.

You may also like...