Membeli Pakaian untuk Bayi Baru Lahir

Menjelang waktu kelahiran bayi, tentu para ibu sudah bersiap-siap untuk membelikan pakaian bayi yang cocok untuk sang buah hati. Akan tetapi, terkadang antusiasme yang berlebihan membuat ibu membeli pakaian yang belum terlalu dibutuhkan untuk bayi baru lahir sehingga pengeluaran menjadi membengkak. Oleh karena itu, berikut kami berikan tips-tips dalam membeli baju untuk bayi baru lahir agar dapat membantu Anda menyiapkan kebutuhan si kecil.

  1. Anda tentu tidak tahu berapa berat bayi ketika lahir dan bagaimana ukuran tubuhnya. Maka dari itu ikutilah petunjuk dokter mengenai perkiraan berat badan lahir si kecil dan beli ukuran baju sesuai dengan prediksi tersebut. Belilah beberapa ukuran yang berbeda dan usahakan untuk menyiapkan lebih banyak baju ukuran lebih besar karena pada bulan-bulan awal kehidupannya, bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan cukup pesat.
  2. Pilihlah model pakaian bayi yang sederhana dan tidak mengganggu sekiranya bayi tidur. Misalnya, hindari penggunaan renda pada bagian leher atau kerah karena dapat mengganggu buah hati Anda. Ingat, bayi baru lahir tidak membutuhkan aksesoris berlebihan pada pakaiannya. Utamakan kenyamanan saat digunakan agar bayi tidak mudah rewel.
  3. Pilih bahan kain yang nyaman saat digunakan. Karena bayi baru lahir cenderung memiliki kulit yang lebih lembut dan sensitif, pilih bahan yang mampu menyerap keringat dan lembut agar tidak mengiritasi kulit bayi. Bahan katun dapat menjadi pilihan utama karena tidak meninggalkan serat dan juga tidak panas. Sedangkan untuk baju hangat, gunakan pakaian berbahan wol agar bayi tetap mudah bernafas dan tidak terlalu panas.
  4. Pakaikanlah si kecil dengan baju yang memiliki ukuran agak besar atau longgar. Sebab, sebagian besar waktu bayi baru lahir dihabiskan untuk tidur sehingga berikan ia baju yang nyaman dan tidak mengganggu geraknya. Selain itu baju dengan ukuran yang lebih longgar dapat digunakan lebih lama karena pertumbuhan bayi yang cepat.
  5. Cari baju bayi yang mudah dibuka dan dipakai dengan cepat ketika anda ingin mengganti popok atau memandikannya. Menghabiskan waktu terlalu lama saat membuka atau memakaikan baju dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman dan membuatnya cepat kedinginan karena tubuhnya terekspos dengan udara luar terlalu lama.

 

 

 

 

You may also like...