Mengapa Hidup Sehat Sulit Didapatkan?

Kadang kita telah berusaha melakukan pola hidup sehat, tapi penyakit tetap datang menghampiri. Mengapa bisa terjadi hal itu? Mungkin kita tidak menyadari faktor-faktor yang tersembunyi yang mengakibatkan diri kita terserang penyakit. Nah, ibu bercahaya akan membantu menemukan jawabannya dari uraian berikut ini.

 Radiasi

Berkembangnya teknologi ternyata dibarengi dengan peningkatan resiko terhadap paparan radiasi. Manusia sekarang banyak yang terkena kanker karena sering terpapar radiasi tanpa mereka ketahui. Alat elektronik di sekitar kita juga turut menyumbangkan radiasi seperti gadget, laptop, komputer, dan TV. Kendati paparannya tidak besar, tapi bila mengenai kita terus-menerus bisa membahayakan tubuh.

Polusi Udara

Pencemaran udara sudah menjadi hal yang biasa di lingkungan kita. Bahkan udara desa yang dulu bersih kini telah tercemari oleh asap kendaraan. Polusi udara ini setiap hari kita hirup tanpa bisa pilih-pilih. Lalu, bagaimana bisa hidup sehat dan berumur panjang kalau udaranya saja kotor?

Pencemaran Air

Bukan hanya udara, pencemaran juga terjadi melalui media air. Para oknum yang tidak bertanggungjawab telah mengotori air kita dengan limbah. Akibatnya, masyarakat terkena kanker dan diare. Air adalah kebutuhan dasar manusia, bila tercemar maka kesehatan menjadi taruhannya.

Zat Kimia Berbahaya

Hidup sehat tentu sulit didapatkan kalau makanan yang kita konsumsi mengandung zat kimia berbahaya. Misalnya borak dalam kerupuk, bakso, dan nuget. Belum lagi dengan pewarna tekstil, formalin, pengawet makanan, dan sebagainya. Zat tersebut akan menjadi racun dalam tubuh yang pasti menimbulkan penyakit.

Selain itu, makanan yang kita konsumsi sehari-hari sudah tidak lagi alami. Misalnya dengan tambahan msg dalam masakan, pengawet, pewarna, dan perasa. Memang efeknya tidak langsung dirasakan, tapi lambat laun akan menumpuk dan mengganggu kesehatan.

Kosmetika Racun

Zat kimia berbahaya juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui kosmetika yang berbahaya. Belakangan telah beredar kosmetik yang mengandung mercury dan hidrokinon dengan kadar tinggi. Padahal, kedua zat tersebut dapat menyebabkan penyakit kanker. Ingin cantik tapi telah mempertaruhkan hidup sejahtera yang sebelumnya dimiliki. Tentu ini sangat disayangkan.

You may also like...