Cara Membuat dan Menyimpan Susu Formula

Ternyata membuat susu formula itu tidak bisa sembarangan. Kalau salah buat bisa merusak zat gizi yang ada di dalamnya. Begitu juga cara menyimpannya agar tidak rusak. Nah, bagi anda yang masih belum paham tentang cara membuat dan menyimpan susu dengan benar, simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Susu Yang Benar

Susu yang kita buat harus pas ukurannya. Disamping itu, tekniknyapun juga harus tepat agar bisa dikonsumsi dengan baik.

  • Didihkan air di panci. Kemudian biarkan agak dingin, kira-kira suhunya 700 Air yang terlalu panas bisa merusak protein susu.
  • Bila anda ingin segera menggunakan susu tersebut, misalnya bayi sudah menangis, maka campurkan air panas tersebut dengan air dingin yang matang.
  • Tuangkan air ke dalam botol susu yang sebelumnya telah disterilkan. Saat menuangkan air sebaiknya botol diletakkan di tempat yang datar untuk menghindari kesalahan pengukuran.
  • Masukkan susu buatan pengganti ASI sesuai dengan takarannya.
  • Setelah itu tutup botol dengan dotnya, lalu kocok hingga susu tercampur rata. Sebaiknya tidak menggunakan sendok yang belum tentu steril.
  • Susu yang sudah dibuat harus segera diminumkan. Kalau sudah 3 jam atau lebih sebaiknya dibuang dan diganti dengan yang baru. Susu yang dibiarkan dingin dan terkena udara mudah teroksidasi sehingga kandungannya berubah.

Cara Menyimpan Susu Formula

Susu yang sudah dibuka harus segera dihabiskan (jangan lama-lama) karena kemungkinan terkontaminasi begitu besar. Jadi sebaiknya tidak membeli susu dengan ukuran besar bila kebutuhannya rendah.

Setelah digunakan, susu bayi harus ditutup rapat dan disimpan dalam kardus agar tidak terkontaminasi udara luar. Simpan di tempat yang sejuk dimana volume bakterinya dapat ditekan. Bila tanpa sengaja susu terkena air, maka segera buang bagian yang menggumpal tersebut.

Aneka macam susu buatan pengganti ASI tersedia di sukamart, yaitu supermarket online yang menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga. Anda dapat memilih produk yang biasa digunakan atau mempelajari review produk susu yang tersedia disini. Sukamart selalu menjaga kualitas produk susu yang diberikan kepada anda.

You may also like...