Apakah Susu Formula Dapat Menyebabkan Diare?

Pada dasarnya, kandungan susu formula telah dibuat dan diuji secara klinis. Setiap produk susu formula telah dibuat dengan takaran yang pas sehingga tidak menyebabkan masalah pada bayi. Namun, pada beberapa kasus menunjukkan adanya masalah yang disebabkan oleh konsumsi susu. Tentu bukan hanya dari faktor produksi susunya, tapi juga bisa dari kesalahan konsumennya.

Botol Kotor

Tidak jarang ditemui kasus diare pada bayi akibat penggunaan botol yang kurang steril. Entah karena faktor malas atau kurangnya pengetahuan yang membaut orangtua memberikan botol berkuman kepada buah hatinya. Botol yang terlihat bersih belum tentu tidak mengandung kuman karena bakteri atau virus itu tidak bisa dilihat dari mata telanjang.

Botol susu pengganti ASI perlu disterilkan. Bisa menggunakan sterilisator, microwave, uap air, atau air mendidih. Kebanyakan masyarakat yang mengonsumsi susu kaleng memakai cara terakhir yang dirasa ekonomis dan mudah.

Terlalu Encer

Meskipun sudah ada takaran susu di pembungkusnya, terkadang keluarga bayi tidak memperhatikan. Pemberian air sesuai perkiraan saja akan membuat susu menjadi lebih encer. Kesalahan juga bisa dilakukan ketika mengukur airnya. Karena botol diletakkan di tempat yang miring, maka angka yang terbaca lebih rendah. Akibatnya air yang ditambah jadi lebih banyak.

Kadaluarsa

Kasus susu formua kadaluwarsa yang menyebabkan keracunan tidak hanya terjadi sekali. Oknum-oknum nakal yang tidak bertanggung jawab seenaknya saja menjual susu yang sudah tidak layak konsumsi. Iming-iming keuntungan besar menyebabkan rasa kemanusiaan diabaikan. Nah, ibu harus waspada dengan susu kadaluwarsa dengan memperhatikan tanggal expired-nya sekaligus memperhatikan ciri fisik susu itu sendiri.

Alergi

Tidak semua bayi alergi terhadap jenis susu tertentu. Memang ada satu atau dua bayi yang kurang cocok dengna jenis kandungan susu kaleng. Kalau kasusnya seperti ini berarti langkah yang harus diambil adalah mengganti merk susunya.

Banyak merk susu pengganti ASI yang diperdagangkan. Hampir semua merk ada di Sukamart, yaitu supermarket online terbaru. Anda tidak perlu khawatir belanja susu disana karena tanggal kadaluwarsa dan keaslian produk selalu dijaga.

You may also like...