Mengenal TV LED Lebih Dekat

TV Samsung atau TV merek lain dengan jenis LED TV tentu sudah tidak asing lagi bagi siapapun, karena TV jenis ini memang memiliki sejumlah keunggulan dibanding Plasma TV apalagi TV jenis lama yang masih menggunakan tabung , utamanya dari penggunaan daya listrik yang lebih hemat 50% – 70%. Namun, meski sudah tahu bahkan sudah menikmati keunggulannya, tidak banyak yang mengerti apa sesungguhnya LED TV dan apa perbedaannya dibanding TV-TV jenis yang lain.

Jika dilihat dari sistem kerjanya, antara LCD TV dengan LED TV yang sama-sama memiliki layar datar tipis bisa dibilang sama yakni menerapkan tekhnologi Liquid Qrystal Display. Perbedaan dari kedua jenis TV ini ada pada sumber cahaya yang dipakai, jika LCD TV  memakai lampu Neon sementara LED TV memanfaatkan Light Emitting Dioda.

Dengan sumber cahaya yang berbeda, gambar yang dihasilkannya pun juga tidak sama, karena suduh pandang (view angle) dari LED TV lebih luas dan dengan tampilan warna yang lebih sempurna.

Bagus tidaknya gambar LCD TV dan LED TV sama-sama dipengaruhi oleh kecepatan pergerakan gambar atau yang biasa disebut refresh rate. Pada umumnya, Rate dari LCD TV dan LED TV yang beredar di pasaran  memiliki rate sebesar 60 Hz. Dengan refresh rate sebesar itu, saat siaran televisi menampilkan gambar berukuran sedang dan besar dan dengan kecepatan yang rendah – normal memang gambar yang tampak di layar cukup bagus. Tapi begitu gambar yang ditayangkan berukuran kecil dan dengan pergerakan yang cepat, seperti tayangan pertandingan sepak bola misalnya, adakalanya gambar yang ditampilkan menjadi blur atau tidak jelas.

TV Samsung menjawab persoalan tersebut karena semua produk LED TV yang dikeluarkannya, memiliki refresh rate tiga kali lipat bahkan lebih dari LED TV pada umumnya, yakni 240 Hz, 480 Hz, hingga 960 Hz. Sudah barang tentu dengan rate yang jauh lebih tinggi, gambar yang dihasilkannyapun juga jauh lebih sempurna.

Keunggulan lain dari LED TV buatan pabrikan Republik Korea Selatan ini adalah beragam fitur canggih yang melengkapinya dan terintegrasikannya TV dengan perangkat mobile,  sehingga TV Samsung dari jenis LED ini bisa dibilang smart TV yang mampu memenuhi kebutuhan akan hiburan sekaligus informasi dan komunikasi. (*)

 

You may also like...