3 Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Membagi waktu antara berkarir dan mengurus keluarga memang terkadang cukup sulit dilakukan sehingga ibu lebih memilih menjadi seorang ibu rumah tangga. Akan tetapi saat ini Anda tidak perlu khawatir jika ingin menambah pendapatan keluarga dengan bekerja di rumah, karena terdapat beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga yang dapat dilakukan di waktu senggang tanpa harus kehilangan waktu bersama keluarga. Berikut lima diantaranya:

  1. Usaha makanan. Bagi para ibu rumah tangga yang senang memasak, usaha ini adalah pilihan utama yang paling tepat dilakukan. Ada berbagai macam pilihan dalam memilih usaha sampingan berupa bisnis makanan seperti membuka catering, warung nasi ataupun kue dan snack.
    Semua itu dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan di lingkungan sekitar rumah. Terutama jika dekat dengan daerah pendidikan seperti kampus, tentu bisnis warung nasi akan sangat menguntungkan. Akan tetapi jika berada di perumahan maka pilihan yang lebih cocok adalah membuka usaha kue atau camilan.
  1. Usaha pakaian. Tidak perlu menjahit pakaian sendiri jika Anda ingin mencoba usaha sampingan ibu rumah tangga dalam bidang pakaian atau fashion. Cukup membeli secara grosir di toko-toko pakaian atau menjadi reseller dan menjualnya kembali. Jika Anda memiliki ruangan kosong di rumah dapat dimanfaatkan sebagai toko untuk berjualan. Jika tidak, bermainlah dalam bisnis dunia maya. Tanpa membutuhkan ruangan, Anda dapat memulai usaha ini dengan berinteraksi lewat internet dengan konsumen.
  1. Usaha kerajinan tangan. Jenis usaha ini cocok untuk ibu rumah tangga yang mempunyai jiwa kreatifitas dan seni yang tinggi. Tidak harus berada di lingkungan pariwisata untuk bisa sukses menghasilkan uang tambahan dari usaha ini. Beberapa kerajinan tangan yang dapat menjadi inspirasi antara lain kerajinan tangan seperti gelang, kalung dan cincin atau lukisan dan scrapbook yang tengah menjadi trend saat ini.

Bisa juga dengan membuat berbagai peralatan rumah tangga seperti anyaman keset atau taplak meja dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Sebelum memulai bisnis sampingan ibu rumah tangga ini Anda juga bisa memulai pelatihan yang kadang di selenggarakan oleh UKM yang sudah terlebih dahulu terjun dalam usaha ini sehingga memiliki keterampilan yang dibutuhkan.

 

You may also like...