Tips Membaca Cerita Dongeng Anak

Anda tentu tidak asing dengan yang cerita Cinderella, JakaTarub, Keong Mas, bahkan Kancil Mencuri Timun. Ya, beberapa cerita diatas merupakan beberapa cerita dongeng anak yang sering di perdengarkan untuk anak kecil. Mendongeng merupakan salah satu kebudayaan yang sering dilakukan oleh orang tua kepada anak. Mendongengkan cerita-cerita kepada anak ternyata memiliki banyak sekali manfaat mulai dari perkembangan otak si kecil hingga perkembangan mental si kecil. Namun dalam kegiatan mendongeng atau membacakan cerita ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh para Bunda. Beberapa hal berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membacakan cerita kepada anak.

1. Pilihan cerita
Pilihan cerita merupakan hal pertama yang harus Bunda perhatikan. Pastikan Bunda memilih cerita yang sesuai dengan umur si anak. Terlebih lagi apabila cerita tersebut dilengkapi dengan gambar. Pilihlah cerita-cerita dengan gambar-gambar yang sesuai. Sebagai orang tua yang menjadi orang pertama dalam mendidik anak tentu harus bisa mensharing apa saja yang akan diberikan kepada si anak. Akan lebih baik lagi apabila Bunda membaca cerita dongeng tersebut terlebih dahulu sehingga bisa mengetahui apakah cerita tersebut pantas atau tidak untuk dibacakan kepada anak.

2. Cara membaca
Cara membaca cerita dongeng anak tentu berbeda dengan cara membaca buku biasa. Cerita dongeng harus dibacakan dengan nada dan mimik yang lebih ekspresif sehingga anak akan merasa senang dan merasa terhibur dengan cerita yang di berikan oleh Bunda. Cara membaca dongeng Bunda yang menarik bisa membuat suasana mendongeng menjadi lebih menarik.

3. Isi cerita
Memilih cerita yang tepat saja belum cukup karena memilih cerita yang bagus untuk anak yaitu cerita yang mengandung pesan moral. Cerita dongeng yang mengandung pesan-pesan moral bisa menjadi contoh pelajaran bagi si anak.

Membacakan cerita dongeng anak akan lebih menyenangkan dengan menikmati kehangatan teh Sariwangi dan beberapa cemilan. Suasana mendongeng yang hangat membuat anak akan merasa nyaman dan senang saat-saat di bacakan dongeng. Selain itu, akan terjalin keakraban yang antara orang tua dan anak.

You may also like...