Cerita Dongeng Anak untuk Usia 6 Tahun Kebawah

Cerita Dongeng Anak

Cerita Dongeng Anak untuk Usia 6 Tahun Kebawah

Dongeng merupakan salah satu media yang tepat untuk menanamkan nilai moral kepada anak. Selain itu, membaca cerita dongeng anak bersama si kecil juga sangat membantu untuk meningkatkan skill bahasa si kecil. Kegiatan belajar sambil bermain ini akan sangat cocok untuk dilakukan sambil mengantarkan anak tidur. Jika sudah menjadi kebiasaan, anak pasti akan menanti-nanti saat orang tua akan membacakan dongeng untuknya sebelum tidur. Apalagi ketika orang tua membacakan cerita dongeng dengan ekspresif sambil menirukan gaya dari karakter yang dikisahkan, hal ini tentunya akan sekaligus memberikan hiburan kepada si kecil.

Untuk bunda atau ayah yang belum terbiasa membacakan cerita dongeng anak, lantas buku cerita seperti apa sih yang akan disukai oleh si kecil?

  • Berwarna dan bergambar. Anak kecil usia 6 tahun kebawah biasanya suka dengan buku berwarna cerah dan bergambar. Jika bunda membaca cerita dongeng yang tak bergambar, anak biasanya akan mudah merasa bosan.
  • Cerita mengalir dan sederhana, tidak kompleks. Pilihlah dongeng dengan kisah yang sederhana, agar mudah dimengerti oleh si kecil. Misalnya dongeng kancil dan buaya, kelinci dan kura-kura, bawang merah bawang putih, atau bisa juga kisah para nabi yang sarat dengan pesan moral yang positif untuk anak.
  • Gunakan alat peraga. Jika bunda tidak memiliki buku cerita, alat peraga juga bisa loh menjadi media untuk mendongeng. Misalnya dengan menggunakan boneka atau memakaikan kostum pajama lucu pada si kecil sambil bercerita. Dengan demikian maka hal ini akan membantu merangsang imajinasi si kecil.

Nah itulah beberapa tips untuk bunda dan ayah ketika akan membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada si kecil. Pastikan bahwa tidak hanya tv, game player, dan internet yang membuatnya terhibur. Buatlah waktu anak bersama bunda dan ayah saat membaca cerita dongeng anak menjadi waktu yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh si kecil. Untuk itu, luangkan waktu berkumpul sambil ngeteh Sariwangi, untuk menciptakan quality time yang benar-benar seru dan berkualitas bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat!

 Baca juga: Percaya Diri Penting Untuk Kenyaman Diri Sendiri

You may also like...