Tips Mengatur Keuangan Keluarga dengan Bijak

Mengatur Keuangan Keluarga

Mengatur Keuangan Keluarga

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak keluarga di Indonesia adalah masalah keuangan. Mungkin sebenarnya pasangan suami istri sudah memiliki pemasukan yang sudah lebih dari cukup tetapi kerap kali penghasilan atau pemasukan ini habis begitu saja. Hal ini biasanya diakibatkan salah satunya karena mengatur keuangan keluarga yang buruk. Mengatur keuangan bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan beberapa trik yang harus dilakukan. Dan salah satu yang penting adalah terkait dengan perencanaan yang sesuai. Hal lain yang juga harus dilakukan adalah kedisiplinan. Biasanya perencaan yang buruk dapat terlihat ketika akhir bulan datang. Jika sebelum tanggal gajian uang sudah habis, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaturan keuangan orang tersebut cukup buruk.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan ketika mengatur keuangan keluarga :

  • Memiliki komitmen yang kuat

Berbagai halangan dan godaan yang ada didepan sebaiknya tidak memudarkan anda dalam menjaga komitmen mengenai berbagai aturan yang sudah anda tetapkan dengan pasangan terkait dengan keuangan keluarga anda. misalnya dengan tidak membeli berbagai barang yang memang tidak dibutuhkan, tentunya harus ada komitmen yang kuat untuk melakukan hal tersebut.

  • Berdarah dingin atau tegas

Dalam masalah keuangan tentunya juga diperlukan ketegasan. Misalnya ketika ada teman yang hendak meminjam uang dengan anda, anda harus tegas jika keuangan keluarga anda sedang tidak memungkinkan untuk memberikan pinjaman. Jika anda tidak tegas tentunya keuangan keluarga anda yang lebih anda korbankan.

Salah satu cara tepat dalam mengatur keuangan adalah dengan menggunakan aplikasi Dompetku yang merupakan sebuah fitur terbaru yang dikeluarkan oleh Indosat. Fitur ini memudahkan anda dalam membayar berbagai macam tagihan misalnya tagihan telepon, listrik, air atau tv berlangganan anda. dengan menggunakan fitur ini maka anda hanya memerlukan telepon seluler untuk membayar semua tagihan yang anda miliki. Anda hanya membutuhkan saldo yang ada pada fitur tersebut dan kemudian dapat membayar berbagai macam tagihan sebagai salah satu bentuk dari mengatur keuangan keluarga yang bisa anda lakukan.

Baca juga: Pengertian Alat Pembayaran dan Perkembangannya

You may also like...