Keluarga & Hakikatnya

Pada unit terkecil suatu keluarga terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Keluarga merupakan salah satu kelompok atau kumpulan manusia yang hidup bersama sebagai suatu kesatuan dalam unit masyarakat terkecil dan biasanya memiliki hubungan darah, ikatan perkawinan, dan lain – lain. Suatu keluarga pun umumnya tinggal bersama dalam satu rumah yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga dan diatur dalam satu sistem tertentu. Selain itu, keluarga pun adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, adopsi yang memiliki tujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga. Di Indonesia sendiri yang terdiri atas bermilyar – milyar kepala keluarga. Seorang kepala keluarga memimpin sebuah keluarga. Beberapa hal tersebut umumnya dibahas dalam pengertian keluarga.

Keluarga pada hakikatnya terdiri atas beberapa bentuk. Keluarga dibagi menjadi beberapa bentuk berdasarkan garis keturunan, jenis perkawinan, permukiman, jenis anggota keluarga, dan kekuasaan. Dari beberapa bentuk keluarga tersebut, beberapa di antaranya adalah garis keturunan dan jenis perkawinan yang banyak dibahas. Berdasarkan garis keturunan, keluarga dibagi menjadi dua yaitu patrilinear dan matrilinear. Patrilinear merupakan keturunan aedarah yang terdiri atas sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi, di mana hubungan tersebut disusun melalui garis keturunan ayah. Matrilinear merupakan keluarga sedarah yang terdiri atas sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi di mana hubungan tersebut disusun melalui garis keturunan ibu. Berdasarkan jenis perkawinan ada yang disebut monogamy dan poligami. Monogamy merupakan keluarga yang memiliki seorang suami dan seorang istri, sedangkan poligami adalah keluarga yang memiliki seorang suami dan beberapa orang istri.

Pengertian keluarga merupakan beberapa orang yang pada umumnya tinggal bersama dalam satu rumah yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga dan diatur dalam satu sistem tertentu. Selain itu, keluarga pun adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, adopsi yang memiliki tujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga. Keluarga dibagi menjadi beberapa bentuk berdasarkan garis keturunan, jenis perkawinan, permukiman, jenis anggota keluarga, dan kekuasaan.

You may also like...