Memilih Makanan Sehat untuk Konsumsi Sehari-hari

Memilih Makanan Sehat untuk Konsumsi Sehari-hari

Memilih Makanan Sehat untuk Konsumsi Sehari-hari

Mengonsumsi makanan sehat memang penting untuk kesehatan tubuh dan agar kita terhindar dari penyakit. Namun dalam memilih makanan yang sehat ini pun kita perlu memilih secara cermat dan hati-hati. Di antaranya, ketika membeli sayur dan buah pilihlah yang segar dan warnanya juga masih cerah agar terhindar dari resiko membeli sayur atau buah yang busuk. Pastikan juga kedua bahan makanan ini sudah matang sehingga rasa yang dihasilkan dapat maksimal. Cek lagi apakah terdapat lubang pada sayur atau buah yang bisa menjadi tempat ulat di dalamnya.

Ketika membeli makanan sehat yang berbentuk kemasan, seperti susu karton atau makanan lain, pastikan makanan tersebut belum melewati tanggal kadaluwarsa. Karena apabila telah kadaluwarsa, maka bukan saja rasanya yang berubah namun juga kandungan gizi di dalamnya juga berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Tanggal kadaluwarsa umumnya terdapat pada kemasan luar atau tutup kemasan. Apabila tidak terdapat tanggal kadaluwarsa, cobalah bertanya pada pelayan toko. Lebih baik tidak mengambil resiko dengan membeli makanan kemasan yang tidak ada tanggal kadaluwarsanya.

Memilih makanan sehat juga harus memperhatikan jumlah yang kita beli. Membeli terlalu banyak akan membutuhkan waktu penyimpanan yang lama dalam lemari es karena tidak mungkin semuanya dimasak sekaligus. Akan lebih baik apabila kita membeli dalam jumlah sedikit saja yang cukup untuk satu atau dua kali masak. Ini untuk menghindari bahan makanan disimpan terlalu lama yang bisa mengurangi rasa serta kandungan gizinya. Kemungkinan terburuk adalah bahan makanan membusuk dan terpaksa kita buang.

Memilih daging harus dilakukan dengan cermat pula. Pastikan daging masih dalam keadaan segar dan warnanya cerah namun tidak mencolok. Apabila membeli daging ayam, perhatikan warna kulitnya, karena warna kulit yang membiru bisa jadi merupakan ayam tiren yang tidak baik dikonsumsi. Apabila daging ayam digantung, perhatikan apakah ada air yang menetes-netes dari daging. Tetesan air bisa jadi merupakan tanda bahwa daging telah dimasuki air agar badannya menggembung dan beratnya bertambah. Makanan sehat berupa daging memang seringkali ditemukan dijual secara curang sehingga kita sebagai konsumen harus lebih cerdas dalam memilih.

Selain memilih aneka ragam bahan makanan di atas, pemilihan suplemen juga penting untuk dilakukan. Suplemen dapat dikonsumsi sebagai tambahan di samping makanan dan minuman sehat. Salah satu suplemen yang bisa dikonsumsi adalah susu. Memilih susu juga tidak bisa sembarangan. Pilih produk yang memang menawarkan manfaat bagi tubuh dan kesehatan, serta tidak memiliki efek samping untuk konsumsi jangka panjang. Susu L-Men dapat dipilih untuk mengimbangi konsumsi makanan sehat di atas. Dengan manfaat utama untuk menambah massa otot, konsumsi susu ini relatif tidak menimbulkan efek samping selama mengikuti anjuran pemakaiannya.

Baca Juga : Sup Krim, Resep Masakan Dari Ayam Sehat Untuk Anak

You may also like...