Tips Menjaga Kebersihan Badan Pada Anak Anak

Tips Menjaga Kebersihan Badan Pada Anak Anak

Tips Menjaga Kebersihan Badan Pada Anak Anak

Kebersihan badan merupakan faktor utama untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Badan yang kotor bisa menjadi media penyebaran penyakit dan harus diketahui juga bahwa menjaga kebersihan dalam rumah tangga haruslah dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu atau jika ada anak anak,  maka mereka perlu menjadi prioritas utama.

Kenapa anak anak harus menjadi prioritas utama dalam menjaga kebersihan badan? Karena seperti yang kita ketahui bahwa anak anak belum memiliki kesadaran akan pentingnya hidup bersih. Anak anak cenderung memiliki rasa ingin tahu terhadap banyak hal sehingga tidak peduli kotor atau bersih ketika sedang mengekplorasi hal baru disekitar tempat tinggalnya.

Seringkali orang tua tidak begitu memperhatikan kebersihan badan anaknya, ketika sang anak terserang penyakit berbahaya baru muncul kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan. Untuk itu, sebelum terlambat alangkah baiknya memperhatikan beberapa tips dibawah ini.

  • Mandi Secara Teratur

Idealnya orang mandi sebanyak 2 kali dalam sehari bahkan ada juga yang mandi hingga 3 kali ketika cuaca panas di musim kemarau. Namun beberapa kasus yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari misalnya anak malas mandi ketika libur sekolah dimana kebiasaan seperti ini harus dihindari. Dengan mandi menggunakan Lifebouy secara teratur maka kuman dan bakteri tidak sempat berkembang menjadi penyakit.

  • Selalu Jaga Kebersihan

Orang tua harus berperan aktif dalam menjaga kebersihan area area didalam rumah misalnya kamar tidur yakni dengan selalu menganti sprei dan sarung bantal secara teratur. Jadi tidak perlu menunggu hingga kotor, dengan demikian kebersihan badan anak lebih terjaga dan sempurna.

  • Tumbuhkan Kesadaran Hidup Bersih

Pada dasarnya orang tua tidak bisa selalu mengontrol secara penuh aktivitas anak ketika bermain di luar rumah. Untuk itu, sedapat mungkin orang tua sudah memberikan pemahanan kepada anak sejak dini sehingga dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup bersih. Jika anak sudah paham dan sadar akan pentingnya kebersihan maka tugas anda sebagai orang tua selanjutnya akan terasa lebih mudah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips menjaga kebersihan badan pada anak anak. Jika semua tips tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari hari maka secara tidak langsung bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan keluarga.

Baca Juga : 3 Tips Menghilangkan Bau Pada Perlengkapan Makan dengan Mudah

You may also like...